Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siap-siap, Harga Komponen Smartphone dan PC Bakal Naik

Kompas.com - 27/05/2021, 08:15 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Tech Spot

KOMPAS.com - Kelangkaan chip semikonduktor yang masih berlangsung secara global membuat para pabrikan chip menaikkan harga jual produk mereka.

Menurut laporan terbaru, lebih dari 30 perusahaan, termasuk UMC, SMIC, dan PSMC, dilaporkan telah menaikkan harga sebesar 10 hingga 30 persen sejak kuartal kedua 2021.

Tingginya biaya bahan baku disebut merupakan alasan di balik keputusan tersebut.

Baca juga: Harga Smartphone Naik dan Laptop Langka, Ini Biang Keladinya

TSMC yang merupakan salah pemasok chipset terbesar pun kabarnya telah melakukan hal serupa sejak Januari 2021 lalu. TSMC antara lain memproduksi chip untuk Intel, AMD, dan Nvidia.

Kenaikan harga chip bervariasi tergantung jenis produknya. Chip signal chain, misalnya, dilaporkan mengakami kenaikan harga antara 10 hingga 20 persen, lalu IC memori dan chip manajemen daya naik mencapai 30 persen.

Secara keseluruhan, kenaikan harga rata-rata tercatat sekitar 10-20 persen, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Spot, Kamis (27/5/2021).

Chip semikonduktor adalah komponen penting yang digunakan di berbagai produk modern, mulai dari smartphone, PC, televisi, konsol game, hingga kendaraan.

Baca juga: Selain Chip Prosesor dan GPU, Harga RAM Juga Bakal Makin Mahal

Kelangkaan chip pun berimbas pada banyak industri. Kalangan pabrikan otomotif terpaksa mengurangi produksi, sementara pabrikan gadget menaikkan harga. Ada juga produk yang batal meluncur karena masalah kelangkaan, seperti seri Galaxy Note dari Samsung.

Beberapa pemain industri meramalkan bahwa kelangkaan chip masih akan berlangsung hingga akhir tahun ini. Beberapa bahkan ada yang memprediksi bahwa situasi serupa masih bakal ditemui hingga tahun depan.

Baca juga: Laptop dan PC Kekurangan Stok, Diprediksi Baru Pulih pada 2022

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Tech Spot


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com