Ponsel Oppo yang Bisa Terhubung Jaringan 5G Telkomsel

Kompas.com - 27/05/2021, 10:08 WIB
Oppo Reno 5G yang dipamerkan Oppo di Batam, dalam uji coba jaringan 5G Telkomsel, Kamis (29/11/2019). KOMPAS.com/Reska K. NistantoOppo Reno 5G yang dipamerkan Oppo di Batam, dalam uji coba jaringan 5G Telkomsel, Kamis (29/11/2019).

KOMPAS.com - Layanan internet 5G mulai bisa dinikmati di Indonesia meskipun masih sangat terbatas. Mulai hari ini, Kamis (27/5/2021), layanan internet 5G Telkomsel resmi bergulir di Tanah Air.

Telkomsel menjadi oeprator seluler pertama yang resmi menggelar jaringan 5G di Indonesia.
Sebelum operator seluler menggelar jaringan 5G, beberapa vendor smartphoe telah memperkenalkan perangkat 5G di Indonesia.

Salah satunya adalah Oppo. Saat ini, Oppo sedang mendaftarkan ulang empat perangkatnya ke Kementerian Komunikasi dan Informatika, agar bisa tersambung dengan koneksi internet generasi kelima. Keempat perangkat tersebut adalah:

  • Oppo Reno5
  • Oppo A47 5G
  • Oppo FInd X2
  • Oppo Find X2 Pro

Adapun Oppo Reno5 5G dan Oppo A74 5G merupakan perangkat khusus berlabel 5G yang baru diperkenalkan tahun ini. Kemudian untuk Oppo Find X2 dan Find X2 Pro merupakan perangkat keluaran tahun 2020.

Baca juga: RAM Oppo A74 Bisa Ditambah hingga Menjadi 11 GB

"Sementara keempat perangkat ini yang mendukung di band n40 atau 2,3 GHz," kata Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Kamis (27/5/2021).

Teknologi 5G memiliki tiga layer pita frekuensi. Untuk layer atas (high band) berada di frekuensi 24GHz-40GHz, lalu layer tengah (mid band) berada di frekuensi 1GHz-2,6GHz, dan 3,5GHz-6GHz), serta layer bawah low band (> 1GHz).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun band 40 bekerja di frekuensi 2,3 GHz yang digunakan Tekomsel untuk menggelar 5G.
Aryo menambahkan, saat ini Oppo Indonesia masih berkoordinasi untuk membuka kunci (unlocking) jaringan 5G di perangkatnya agar bisa terhubung ke layanan 5G.

Nantinya, unlocking akan hadir lewat pembaruan software on the air (OTA). Sayangnya, Aryo belum bisa memastikan kapan pembaruan ini akan hadir.

"Kita maunya secepatnya, cuma pusat masih belum kasih waktu kepastian, kapan nantinya akan di-unlock," kata Aryo.

Baca juga: Penyebaran 5G di Indonesia Bakal Lebih Cepat

Apabila kunci 5G perangkat sudah dibuka dan mendukung koneksi 5G, pengguna Telkomsel tidak perlu mengganti kartu SIM untuk menikmati layanan internet mutakhir itu.

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro mengatakan, jika perangkat telah mendukung 4G, pengguna tidak perlu mendaftar atau mengganti fisik kartu SIM demi bisa menikmati 5G.

Untuk sebaran wilayah, saat ini layanan 5G Telkomsel baru digelar di enam area di Jabodetabek. Lokasi itu mencakup mencakup area residensial di Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai, dan Alam Sutera di Tangerang Selatan.

Lalu untuk kota lainnya akan menyusul, yakni Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan. Kota dan lokasi prioritas lainnya akan segera menyusul dalam waktu yang belum ditentukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.