Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Smartphone 5G Xiaomi Belum Bisa Terhubung Jaringan 5G di Indonesia

Kompas.com - 27/05/2021, 12:26 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Komersialisasi jaringan 5G di Indonesia memasuki babak baru. Mulai hari ini, Kamis (27/5/2021), operator seluler Telkomsel mulai menggelar layanan 5G secara terbatas di Tanah Air.

Sebelum layanan 5G secara resmi digelar, sejumlah vendor smartphone pun sudah lebih dahulu memboyong berbagai perangkat 5G miliknya ke Indonesia, termasuk Xiaomi.

Head of PR Xiaomi Indonesia Stephanie Sicilia, mengungkapkan bahwa Xiaomi sendiri setidaknya memboyong enam ponsel yang mendukung jaringan 5G ke pasar Indonesia.

"Sejak tahun lalu Xiaomi telah menghadirkan berbagai perangkat yang mendukung jaringan 5G seperti Mi 10, Mi 10T, Mi 10T Pro, Poco F2 Pro, Poco F3, dan Mi 11," kata Stephanie, melalui pesan singkat kepada KompasTekno, Selasa (25/5/2021).

Kendati sudah mendukung jaringan 5G, keenam smartphone 5G Xiaomi itu agaknya masih belum bisa digunakan dalam waktu dekat, khususnya untuk menikmati layanan 5G dari Telkomsel.

Baca juga: Xiaomi Luncurkan Poco M3 Pro 5G, Ini Harganya

Pasalnya menurut penelusuran KompasTekno, keenam ponsel 5G Xiaomi tersebut belum mendukung band n40. Dalam menggelar jaringan 5G, Telkomsel sendiri menggunakan frekuensi 2,3 Ghz yang masuk dalam band n40.

Sebagai contoh, berdasarkan informasi spesifikasi di laman resmi Xiaomi, ponsel flagship Mi 11 5G mendukung band n1, n3, n5, n7, n8, n20, n28, n38, n41, n77, n78, dan n79.

Ponsel anyar Xiaomi Poco F3 5G pun terlihat juga tidak mendukung band n40. Di laman spesifikasi, Poco F3 5G baru mendukung band n1, n3, n5, n7, n8, n20, n28, n38, n41, n77, serta n78.

Ponsel Mi 10, Mi 10T, Mi 10T Pro, serta Poco F2 Pro juga belum mendukung n40. Dukungan pita jaringan empat ponsel 5G tersebut dapat dilihat pada bagian "Jaringan & Konektivitas" di masing-masing laman spesifikasi ponsel di situs resmi Xiaomi Indonesia.

Dengan begitu, secara teknis, keenam ponsel 5G Xiaomi yang ada di Indonesia belum bisa digunakan untuk menikmati layanan 5G Telkomsel dalam waktu dekat.

Dukungan perangkat pada pita n40 ini menjadi hal mendasar. Karena pada tahap awal ini, Telkomsel mengantongi surat keterangan lolos operasi (SKLO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di frekuensi 2.300 MHz (2,3 Ghz) alias band n40.

Baca juga: Penyebaran 5G di Indonesia Bakal Lebih Cepat

Meski demikian, Stephanie meyakini bahwa ekosistem 5G di Indonesia akan terus berkembang dan akan menghadirkan spektrum frekuensi yang bervariasi.

Ke depannya, kata Stephanie, Xiaomi akan terus menghadirkan deretan smartphone yang dapat mendukung jaringan 5G dengan pita jaringan yang lebih bervariasi, termasuk n40.

"Dengan begitu akan lebih banyak perangkat dapat terhubung dengan jaringan 5G, termasuk produk Xiaomi yang telah Anda miliki," tambahnya.

Telkomsel gelar 5G di enam wilayah

Setelah mengantongi SKLO, Menteri Kominfo Johnny G Plate mengungkapkan, layanan 5G Telkomsel bisa mulai dinikmati pada 27 Mei 2021 mendatang secara terbatas, dan bertahap di 6 lokasi resedensial di Jabodetabek.

Lokasi itu mencakup mencakup Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Lalu untuk kota lainnya akan menyusul, yakni Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan. Kota dan lokasi prioritas lainnya akan segera menyusul.

Untuk tahap awal, Telkomsel akan menggunakan pita frekuensi 2,3 GHz untuk menyelenggarakan 5G yang bisa digunakan pelanggannya.

Secara terpisah, VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan layanan 5G dari operator pelat merah itu nantinya bisa diakses seperti halnya layanan 3G dan 4G, yaitu menggunakan paket internet yang dimiliki ataupun skema PAYU (Pay As You Use).

Baca juga: Resmi, Telkomsel Operator Seluler 5G Pertama di Indonesia


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com