Cara Menyembunyikan Nomor Telepon di Telegram

Kompas.com - 27/05/2021, 14:10 WIB
Telegram Messenger istTelegram Messenger

KOMPAS.com - Telegram merupakan salah satu layanan pesan singkat terpopuler dengan jumlah pengguna mencapai kisaran 500 juta.

Seperti WhatsApp, Telegram menjalin kontak berdasarkan nomor telepon. Namun, nomor telepon ini bisa disembunyikan agar tidak bsia dilihat oleh pengguna lain.

Ketika fitur ini diaktifkan, pengguna lain Telegram pun tidak dapat menambahkan nomor ponsel Anda ke daftar kontak Telegram mereka. Ini bisa berguna untuk pengguna yang tak mau dikontak oleh orang asing.

Baca juga: Cara Mendapatkan Centang Biru Verifikasi Akun Telegram

Bgaimana cara menyembunyikan nomor ponsel Anda di Telegram? Silakan simak langkah-langkah di bawah ini, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gadgets Now, Kamis (27/5/2021).

Cara menyembunyikan nomor ponsel di Telegram.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara menyembunyikan nomor ponsel di Telegram.

Pertama-tama, pastikan aplikasi Telegram Anda sudah diperbaharui ke versi yang lebih terbaru. Selanjutnya, buka aplikasi Telegram klik ikon berbentuk garis yang terletak di sisi kiri atas aplikasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Klik menu "Settings" dan pilih opsi "Privacy and Security", lalu "Phone Number" untuk mengatur siapa saja yang bisa melihat nomor telepon Anda. Di sini terdapat tiga opsi yang tersedia, yakni Everybody, My Contacts, dan Nobody.

Jika Anda memilih opsi Everybody, maka semua orang dapat menambahkan nomor telepon Anda ke dalam daftar kontak di Telegram.

Baca juga: 7 Cara agar Akun Telegram Tidak Bisa Di-hack

Sebaliknya, opsi Nobody secara otomatis menyembunyikan nomor ponsel Anda sehingga tidak ada seorang pun yang dapat menambahkan nomor telepon Anda ke daftar kontak di Telegram.

Sementara, opsi My Contacts memungkinkan pengguna lain yang sudah menambahkan nomor telepon Anda di kontak untuk menambahkan kontak Anda di Telegram. Setting nomor telepon akan langsung diterapkan begitu Anda membuat pilihan.

Selain nomor telepon, di menu Privacy Settings, Anda juga bisa mengatur berbagai hal lain terkait privasi seperti nama, status last seen, dan lain-lain.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.