Ponsel Realme Belum Ada yang Mendukung 5G di Indonesia

Kompas.com - 27/05/2021, 15:02 WIB
Sesuai dengan namanya, Realme X50 Pro 5G mendukung jaringan internet generasi kelima. KOMPAS.com/Conney StephanieSesuai dengan namanya, Realme X50 Pro 5G mendukung jaringan internet generasi kelima.

KOMPAS.com - Indonesia bakal segera mendapat layanan 5G komersil pertama yang dibawa oleh Telkomsel. Sebelumnya, pabrikan-pabrikan gadget sudah lebih dulu merilis aneka produk yang mendukung konektivitas 5G.

Realme, misalnya, datang dengan Realme X50 Pro pada pertengahan 2020. Ponsel ini adalah satu-satunya smartphone 5G Realme yang dipasarkan di Tanah Air. Lalu, apakah kemampuan 5G dari Realme X50 Pro bisa digunakan di Indonesia?

KompasTekno meminta keterangan dari Realme Indonesia soal dukungan jaringan 5G di Indonesia oleh Realme X50 Pro. Namun, pihak Realme mengaku masih belum bisa memberikan kepastian.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Realme X50 Pro di Indonesia

"Untuk perihal device realme X50 Pro, sedang kami cek. Jadi saat ini belum bisa mengkonfirmasi terlebih dahulu," ujar Public Relations Manager Realme Indonesia, Krisva Angnieszca, melalui pesan singkat, Kamis (27/5/2021).

Dengan kata lain, belum ada ponsel Realme di Indonesia yang dipastikan mendukung jaringan 5G karena model-model lain di luar X50 Pro tidak menyematkan dukungan teknologi seluler generasi ke-5 itu.

Telkomsel selaku operator seluler pertama yang menggelar layanan 5G diketahui menggunakan pita frekuensi 2.300 MHz dan 1.800 MHz untuk jaringan tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setelah resmi digulirkan, pihak Telkomsel menjelaskan bahwa pengguna tidak perlu melakukan pendaftaran ulang atau mengganti kartu SIM Telkomsel apabila ingin menikmati layanan internet baru tersebut.

Baca juga: Resmi, Telkomsel Operator Seluler 5G Pertama di Indonesia

"Untuk saat ini (migrasi ke) jaringan 5G tidak perlu mengganti (kartu), asal sudah 4G," ujar Setyanto dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (24/5/2021).

Saat ini, Telkomsel telah menggelar jaringan 5G di enam titik yang tersebar di Jabodetabek. Keenam titik tersebut mencakup area residensial di Kelapa Gading, Pondok Indah, PIK, BSD, Widya Chandra, dan Alam Sutera.

Selain di Jabodetabek, Telkomsel berjanji akan turut membawa jaringan 5G miliknya ke kota-kota besar lainnya seperti Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X