3 Ponsel Vivo yang Bisa Terhubung Jaringan 5G Telkomsel

Kompas.com - 27/05/2021, 15:32 WIB
Vivo V21 5G. Vivo IndonesiaVivo V21 5G.

KOMPAS.com - Mulai hari ini, Kamis (27/5/2021), jaringan seluler 5G sudah bisa dinikmati oleh pengguna internet di Indonesia. Operator seluler yang memulai debut 5G di Tanah Air adalah Telkomsel.

Sebelum layanan 5G resmi digelar, sejumlah vendor smartphone pun telah merilis ponsel berbasis 5G di Indonesia. Salah satunya yaitu Vivo.

Vendor asal China itu memastikan bahwa, saat ini ada tiga seri ponsel miliknya yang sudah mendukung layanan 5G Telkomsel di Indonesia.

Tiga seri ponsel yang dimaksud diantaranya yaitu Vivo X60 5G, Vivo X60 Pro 5G, dan Vivo V21 5G. Vivo X60 Series merupakan perangkat 5G yang dirilis pada April 2021 lalu. Sedangkan, Vivo V21 5G adalah ponsel kelas menengah yang baru diperkenalkan pekan ini.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Lengkap Vivo V21 5G di Indonesia

"Untuk pasar Indonesia sendiri, saat ini konsumen bisa mendapatkan ponsel dengan layanan 5G pada Vivo X60 Series (Vivo X60 5G dan Vivo X60 Pro 5G) dan Vivo V21 5G yang baru saja diluncurkan kemarin (24 Mei 2021)," kata Vivo Indonesia saat dihubungi KompasTekno, Kamis (27/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agar bisa menikmati layanan 5G Telkomsel, Vivo mengatakan bahwa pengguna harus melakukan pembaruan (update) terlebih dahulu dan mengikuti prosedur pemakaian yang diberikan. Namun, Vivo belum bisa memastikan kapan pembaruan itu mulai tersedia.

"Untuk smartphone Vivo yang telah mendukung 5G band oleh Telkomsel, akan ada pembaruan atau update secara otomatis, agar dapat menjalankan jaringan 5G di beberapa lokasi. Kami (Vivo) juga lebih lanjut akan mengomunikasikan langkah-langkah pemakaiannya kepada konsumen," jelas Vivo.

Untuk menggelar layanan internet 5G, Telkomsel menggunakan pita frekuensi 2,3 Ghz untuk data plane jaringan 5G, sementara control plane memakai spektrum 1,8 GHz.

Telkomsel mengatakan bahwa, jika pelanggan telah menggunakan perangkat dan kartu SIM yang mendukung 4G, mereka tidak perlu mendaftar atau mengganti fisik kartu SIM untuk bisa menikmati layanan 5G.

Baca juga: Ponsel Oppo yang Bisa Terhubung Jaringan 5G Telkomsel

Pada tahap awal, Telkomsel mulai menghadirkan layanan 5G komersial pertamanya di enam lokasi resedensial di Jabodetabek, mencakup Kelapa Gading, Pondok Indah, Pantai Indah Kapuk, Widya Chandra, Bumi Serpong Damai, dan Alam Sutera di Tangerang Selatan.

Selain enam lokasi tersebut, layanan 5G komersil juga akan dirilis di beberapa kota lainnya, yakni Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Kendati begitu, Telkomsel masih belum memberikan rincian lebih lanjut terkait apa saja paket-paket data serta harga yang ditawarkan untuk jaringan 5G ini.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.