Telkomsel Resmi Gelar Jaringan 5G Pertama di Indonesia, Ini Daerah yang Kebagian

Kompas.com - 27/05/2021, 16:46 WIB
Peluncuran layanan 5G Telkomsel di Jakarta, Kamis (27/5/2021) KOMPAS.com/ BILL CLINTENPeluncuran layanan 5G Telkomsel di Jakarta, Kamis (27/5/2021)
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel resmi menggelar layanan 5G secara komersil di Indonesia hari ini, Kamis (27/5/2021).

Acara peresmian tersebut digelar melalui sebuah acara berjudul "Unlock the Future" yang dihelat di Telkomsel Smart Office, Telkom Hub, Jakarta.

Dengan demikian, Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang mengkomersialisasikan jaringan 5G Indonesia.

"Hari ini kami memasuki babak baru melalui implementasi 5G, saya mengucapkan terima kasih kepada Kominfo karena telah memberikan surat kelayakan operasi (SKLO) untuk menggelar 5G," ujar Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro di panggung peluncuran.

Baca juga: Penyebaran 5G di Indonesia Bakal Lebih Cepat

Peresmian layanan 5G Telkomsel turut dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate.

"Hari ini merupakan hari bersejarah dalam industri telekomunikasi Indonesia dalam mengawali deployment 5G, menandai satu langkah revolusioner untuk perkembangan telekomunikaai dan digitalisasi Indonesia," ujar Johnny.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam acara peluncuran jaringan 5G Telkomsel di Jakarta, Kamis (27/5/2021)KOMPAS.com/ BILL CLINTEN Direktur Utama Telkomsel, Setyanto Hantoro dalam acara peluncuran jaringan 5G Telkomsel di Jakarta, Kamis (27/5/2021)
Meski sudah resmi beroperasi, baru segelintir wilayah residensial di Jabodetabek saja yang mendapat sinyal 5G Telkomsel, yakni Kelapa Gading dan Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara, Pondok Indah dan Widya Chandra, di Jakarta Selatan, Serta Bumi Serpong Damai dan dan Alam Sutera di Tanggerang Selatan.

Menurut Direktur Network Telkomsel, Nugroho, keenam nama di atas dinilai sebagai kawasan potensial yang membutuhkan layanan 5G lebih awal.

"Ke depannya, kami sangat committed untuk terus melakukan percepatan gelaran jaringan Telkomsel, khususnya 5G sesuai dengan kebutuhan masyarakat," ujar Nugroho.

Kota-kota lain seperti Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan dijadwalkan akan menyusul belakangan, namun jadwal pastinya belum diungkap.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X