Cara Mengembalikan Mode Gelap yang Mendadak Hilang di Aplikasi Facebook

Kompas.com - 27/05/2021, 18:15 WIB
Facebook mengumumkan akan membatasi sementara posting politik di sejumlah kecil News Feed, khusus di empat negara. AP PHOTO/JENNY KANEFacebook mengumumkan akan membatasi sementara posting politik di sejumlah kecil News Feed, khusus di empat negara.

KOMPAS.com - Fitur mode gelap atau dark mode blakangan banyak dilaporkan mendadak hilang di aplikasi Facebook versi mobile, baik di platform iOS maupun Android.

Pengguna yang telah memasang tema gelap di aplikasi Facebook mengaku tampilan layar mereka kembali ke mode cerah yang menjadi mode default.

Saat dicari, mode gelap yang biasa nangkring di menu "setting & privacy" tidak ditemukan. KompasTekno juga mengalami masalah yang sama ketika menggunakan aplikasi Facebook Android versi 320.0.0.34.118.

Baca juga: Mode Gelap Facebook Dilaporkan Hilang dari Aplikasi Android dan iOS

Jika Anda mengalami hal yang sama, jangan khawatir, ada cara untuk memulihkan lagi mode gelap ke menu "setting & privacy". Selangapnya sebagai berikut

Cara mengembalikan mode gelap di aplikasi Facebook di Android

Dari percobaan yang dilakukan KompasTekno, cara yang bisa ditempuh adalah menyetop aplikasi. Sebagian vendor smartphone memasang Facebook sebagai aplikasi bawaan sehingga tidak dapat di-uninstall dengan mudah.

Opsi yang bisa dipilih adalah dengan menon-aktifkan (disable) aplikasi. Caranya adalah dengan menuju menu "setting" > "app" (aplikasi) > Facbook, lalu pilih disable/non-aktifkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bisa juga dilakukan dengan cara cepat, yakni mengetuk dan menahan (hold) shortcut aplikasi, lalu pilih opsi "non-aktifkan/disable". Tunggu beberapa menit untuk mengaktifkannya kembali.

Baca juga: Resmi, Pengguna Instagram dan Facebook Kini Bisa Sembunyikan Jumlah Like

Langkahnya sama dengan cara menon-aktifkan, yakni pilih "setting" > "app" (aplikasi) > Facbook, lalu pilih "turn on" (aktifkan).

Perlu diperhatikan, percobaan ini dilakukan di perangkat Samsung Galaxy Note 9 dengan antarmuka One UI 2.5. Bisa jadi urutannya agak berbeda di perangkat dengan merek atau antarmuka berbeda. Namun secara garis besar, langkahnya akan mirip.

Setelahnya, buka aplikasi Facebook lalu log in ke akun yang dimiliki. Kemudian, pilih "menu" atau garis tiga horisontal yang ada di pojok kanan atas layar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Tech Radar
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X