Daftar Lokasi yang Mendapat Jaringan 5G Telkomsel

Kompas.com - 27/05/2021, 20:05 WIB
Ilustrasi perangkat yang sudah terhubung dengan jaringan 5G. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi perangkat yang sudah terhubung dengan jaringan 5G.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Telkomsel resmi menggelar jaringan 5G di Indonesia, Kamis (27/7/2021). Untuk permulaan, baru ada beberapa wilayah saja yang dijangkau oleh sinyal 5G operator pelat merah tersebut.

Enam di antaranya adalah wilayah residensial di DKI Jakarta dan Tangerang Selatan, yaitu:

  • Alam Sutera, Tangerang Selatan, Banten,
  • Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan Banten
  • Pantai Indah Kapuk, (PIK), Jakarta Utara, DKI Jakarta
  • Kelapa Gading, Jakarta Utara DKI Jakarta
  • Pondok Indah, Jakarta Selatan, DKI Jakarta
  • Widya Chandra, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Sinyal 5G Telkomsel hadir di titik-titik tertentu di keenam lokasi tersebut, misalnya di Provence Parkland di BSD dan Bukit Golf Mediterania di PIK.

Baca juga: Ini Harga Paket Internet 5G Telkomsel

"Menurut kami, wilayah-wilayah ini adalah kawasan potensial yang membutuhkan layanan 5G (lebih dulu)," jelas Direktur Network Telkomsel, Nugroho di panggung acara berjudul "Unlock the Future" yang digelar di Telkom Hub, Jakarta.

Di samping keenam wilayah tadi, jaringan 5G Telkomsel juga bisa diakses di Institut Teknologi Bandung, Telkom University, Jawa Barat, dan Telkomsel Smart Office, Jakarta.

Selain itu, internet 5G juga bisa dijajal lewat hotspot di gerai-gerai Grapari Telkomsel, sebagai berikut:

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Grapari GTG Medan, Sumatera Utara
  • Grapari Batam Centre, Kepri
  • Grapari Terminal 3 Soekarno Hatta, DKI Jakarta
  • Grapari Solo, Jawa Tengah
  • Grapari Pemuda Surabaya, Jawa Timur
  • Grapari Renon Denpasar, Bali
  • Grapari Balikpapan, Kalimantan Timur
  • Grapari Pettarani Makassar, Sulawesi Selatan

Jaringan 5G Telkomsel rencananya akan menyusul tersedia secara bertahap di kota-kota besar di Indonesia, mencakup Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho memaparkan 9 kota di Indonesia yang sudah mendapatkan layanan 5G Telkomsel di acara Unlock the Future di Telkom Hub, Jakarat, Kamis (27/5/2021).KOMPAS.com/Bill Clinten Direktur Network Telkomsel, Nugroho memaparkan 9 kota di Indonesia yang sudah mendapatkan layanan 5G Telkomsel di acara Unlock the Future di Telkom Hub, Jakarat, Kamis (27/5/2021).

Pelanggan yang areanya sudah dijangkau sinyal 5G Telkomsel bisa langsung mengakses jaringan tersebut tanpa perlu mengganti kartu SIM, asalkan sudah memakai tipe USIM. Telkomsel menjanjikan kecepatan akses hingga 750 Mbps.

Baca juga: Jaringan 5G Telkomsel Perlu Kartu SIM Baru atau Tidak?

Apabila perangkat sudah mendukung, maka indikator sinyal 5G akan langsung ditampilkan di layar. Pemakaian internet di jaringan 5G akan mengurangi kuota dari paket internet yang sudah dibeli sebelumnya (existing).

Telkomsel juga menawarkan paket internet Early Bird 5G seharga Rp 26.000 dengan kuota data 126 GB, namun baru pelanggan tertentu saja yang bisa mendapatkannya lewat undangan. Ada juga paket 5G khusus pelanggan modem Orbit.

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Jaringan 5G

Tak semua ponsel 5G yang beredar di Indonesia bisa tersambung ke jaringan 5G Telkomsel. Syarat utamanya adalah mendukung penggunaan pita frekuensi 2.300 MHz (band n40). Daftar perangkat yang kompatibel bisa dilihat di laman tanya jawab 5G Telkomsel di tautan berikut. 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X