Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Spaces Kini Bisa Diakses dari Browser Desktop

Kompas.com - 28/05/2021, 06:38 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Fitur Spaces di jejaring sosial Twitter kini tak cuma tersedia di aplikasi mobile. Pengguna Twitter sekarang bisa mengakses fitur Spaces melalui desktop alias lewat browser komputer atau laptop.

Kemampuan tersebut resmi ditambahkan oleh pihak Twitter mulai pekan ini. "Mulai hari ini, Kamis (27/5/2021), Spaces bisa diakses lewat mobile web dan desktop," tulis Twitter dalam kicauannya.

Berbeda dengan Spaces yang ada di aplikasi mobile, fitur Spaces muncul dalam sebuah jendela kecil yang berada di samping kanan, tepat di atas kolom Message, saat pengguna mengakses Twitter dari browser web.

Baca juga: Twitter Ungkap Cara Pengguna Dapat Uang dari Fitur Spaces

Daftar pendengar atau pembicara yang hadir di Spaces via desktop pun berbeda, yakni hanya disusun dalam tiga kolom.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (28/5/2021), pengguna juga bisa memperkecil (minimize) jendela Spaces tersebut, sembari mendengarkan sesi perbincangan yang sedang berlangsung.

Pengguna Twitter bisa akses Spaces dengan browser desktoptwitter.com/@TwitterSpaces Pengguna Twitter bisa akses Spaces dengan browser desktop

Bagi pengguna yang mengalami masalah pendengaran, kini Spaces yang diakses via desktop turut menawarkan fitur transkripsi instan.

Pantauan KompasTekno, hingga berita ini ditayangkan, pengguna Twitter di Indonesia belum bisa mengakses fitur Spaces lewat browser. Kemungkinan fitur ini akan hadir secara bertahap.

Apa itu Twitter Spaces

Spaces merupakan fitur berupa ruang obrolan berbasis audio, yang memungkinkan pengguna mengajak followers atau orang-orang tertentu untuk berdiskusi di dalam sebuah forum khusus.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp di Android, iPhone, Web, dan Desktop

Lantaran fungsi dan sifatnya yang sama-sama berbasis audio, Twitter Spaces banyak disebut sebagai pesaing media sosial Clubhouse, yang belakangan tengah naik daun.

Pengguna yang berperan sebagai host atau moderator bisa memilih siapa saja partisipan yang boleh bergabung ke dalam ruang obrolan tersebut.

Ada tiga opsi yang bisa dipilih, yaitu publik secara umum, orang yang Anda ikuti (following), atau orang tertentu yang Anda undang melalui fitur Direct Message (DM).

Undangan diskusi virtual di Spaces dapat dibagikan lewat twit, Direct Message (DM), atau dimunculkan lewat fitur Fleets di bagian atas Timeline.

Kendati demikian, tidak semua orang bisa menjadi host untuk membuat forum audio virtual di Twitter Spaces. Twitter mensyaratkan akun harus memiliki setidaknya 600 followers (pengikut) untuk bisa memulai Spaces dan menjadi host.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com