Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keyboard Gboard Mulai Pakai Desain "Material You", Begini Tampilannya

Kompas.com - 28/05/2021, 16:10 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bersamaan dengan pengumuman sistem operasi (OS) baru Android 12 versi beta, Google turut memamerkan bahasa desain antarmuka (UI) baru bernama "Material You".

Bahasa desain tersebut cenderung menggunakan bentuk elemen yang lebih membulat, seperti pada panel menu atau ikon. Kini Material You mulai diterapkan pada papan ketik garapan Google, Gboard, meski masih dalam versi beta 10.6.03.371892758.

Perubahan desain paling kentara terlihat pada tombol "123" dan "enter/search" di keyboard. Bentuknya terlihat lebih membulat, dibandingkan desain Gboard sebelum menerapkan "Material You".

Bila pengguna Gboard menggunakan tema papan ketik tanpa batas tombol, tombol "spasi" juga akan terlihat lebih membulat.

Baca juga: Material You, Bahasa Desain Baru di Android 12

Karena masih dalam versi beta, pembaruan desain Gboard ini sejatinya masih tersedia terbatas pada pengguna ponsel Pixel yang menjalankan Android 12 versi beta saja.

Namun, ternyata XDA Developer menemukan bahwa sejumlah pengguna ponsel Asus Zenfone 8 dan OnePlus yang menjalankan Android 11 juga kedapatan Gboard dengan pembaruan desain "Material You" tersebut.

Tombol Gboard terliat lebih membulat karena gunakan bahasa desain antarmuka baru Material You.Android Police Tombol Gboard terliat lebih membulat karena gunakan bahasa desain antarmuka baru Material You.
Ke depannya, pembaruan agaknya tak hanya berkisar pada desain saja, tetapi juga meliputi perubahan pada font yang digunakan pada Gboard.

Gboard versi beta yang mencakup pembaruan desain "Material You" juga tersedia di APK Mirror atau jika pengguna mengikuti program beta di aplikasi Gboard di Play Store, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Android Police, Jumat (28/5/2021).

Desain baru "Material You"

Untuk diketahui, "Material You" sendiri merupakan pengembangan dari Material Design yang sudah digunakan Google di Android 5.0 Lollipop.

Baca juga: Dari OS Android 12 hingga Kunci Mobil, Ini 10 Teknologi Baru Google

Salah satu yang paling mencolok dari Material You adalah palet warnanya. Material You mengombinasikan elemen antarmuka baru dari standar Material Design Google saat ini, namun, dengan memunculkan lagi warna lawas yang telah lama hilang di aplikasi Android dalam beberapa tahun terakhir.

Secara keseluruhan, warna dan desain di Material You ditingkatkan dari versi yang sudah ada di Android selama ini. Selain itu, pengguna juga diberikan kendali untuk mengatur warna, kontras, ukuran elemen, dan lebar garis.

Dengan Material You, warna tema dan wallpaper juga bisa disinkronisasi di seluruh perangkat. Pengguna juga bisa memilih salah satu wallpaper dan nantinya sistem akan secara otomatis menentukan warna apa yang dominan, dan terlihat bagus untuk ditampilkan.

Warna-warna tersebut akan diterapkan di layar notifikasi, lock screen, menu pengaturan volume, widget, dan lainnya, sehingga tampilan antarmuka secara keseluruhan bisa terlihat senada.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com