Ini Kata Samsung soal Dukungan 5G Telkomsel di Ponselnya

Kompas.com - 28/05/2021, 18:02 WIB
Samsung Galaxy S21 Series The VergeSamsung Galaxy S21 Series
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Sebagian besar vendor smartphone di Indonesia sudah merilis perangkat dengan fitur 5G di Indonesia, termasuk Samsung dengan lini Galaxy S21 dan yang terbaru Galaxy A32 5G.

Namun, tak semuanya bisa tersambung ke jaringan 5G pertama di Indonesia yang digelar oleh Telkomsel pada Kamis (27/5/2021) dengan menggunakan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada pita frekuensi 2.300 MHz (band n40).

Bagaimana dengan perangkat Samsung? Pabrikan asal Korea Selatan ini belum memastikan apakah perangkatnya bisa menggunakan layanan 5G Telkomsel atau tidak.

Baca juga: Telkomsel Resmi Gelar Jaringan 5G Pertama di Indonesia, Ini Daerah yang Kebagian

Ketika dihubungi oleh KompasTekno, Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia, Selvia Gofar, hanya mengatakan bahwa pihaknya sedang bekerja sama dengan operator untuk mengoptimalkan ponselnya dengan spektrum 5G yang digunakan.

"Bagi konsumen yang membutuhkan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi call center Samsung di 0800-1128888 atau melalui fitur Get Help di aplikasi Samsung Member," ujar Selvia, Jumat (28/5/2021).

Samsung Galaxy A32 5G (kiri) dan Galaxy S21 (kanan) yang sudah dukung 5G n40.Kompas.com/BILL CLINTEN Samsung Galaxy A32 5G (kiri) dan Galaxy S21 (kanan) yang sudah dukung 5G n40.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Berdasarkan pantauan KompasTekno di situs Samsung Indonesia, ada setidaknya empat smartphone Samsung yang mendukung jaringan 5G di band n40, yakni Galaxy S21, Galaxy S21 Plus, Galaxy S21 Ultra, dan Galaxy A32 5G.

Beberapa pabrikan lain, seperti Xiaomi dan Realme, saat ini belum memiliki perangkat yang mendukung jaringan 5G Telkomsel.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A32 5G di Indonesia

Untuk melihat daftar ponsel yang bisa tersambung ke layanan 5G Telkomsel, silakan kunjungi laman tanya jawab 5G operator seluler tersebut di tautan berikut.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.