Twitter Diam-diam Ungkap Harga Layanan Berbayarnya

Kompas.com - 29/05/2021, 12:21 WIB
Ilustrasi Twitter businessinsider.comIlustrasi Twitter
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Tanda-tanda kemunculan Twitter Blue, layanan langganan berbayar dari Twitter yang kabarnya akan datang dengan fitur-fitur ekstra, semakin jelas.

Belakangan, Twitter Blue muncul sebagai opsi in-app purchase di aplikasi Twitter versi iOS yang tercantum di toko Apple App Store. Dari sini diketahui bahwa Twitter mematok harga langganan sebesar 2,99 dollar AS atau Rp 43.000 per bulan.

Baca juga: Twitter Kembali Buka Program Centang Biru, Begini Cara Mengajukannya

Pengungkapan harga tersebut dilakukan diam-diam karena dari Twitter sendiri masih belum ada pengumuman resmi soal Twitter Blue ataupun tarif langganannya. Penemunya adalah Jane Manchun Wong, pengoprek software yang kerap membocorkan fitur baru dari aplikasi.

"Twitter menyebut layanan langganan mereka sebagai 'Twitter Blue', harganya 2,99 dollar AS per bulan untuk sekarang," kicau Wong dalam sebuah twit.

Wong mengaku jadi "pelanggan pertama yang membayar langganan Twitter Blue" untuk menjajal fitur-fiturnya. Dia, antara lain, menemukan Color Theme yang memungkinkan pengguna dapat memilih dan mengganti warna tema yang dikehendaki.

Ada pula fitur App Icon yang menyajikan beberapa varian ikon aplikasi yang bisa diganti-ganti sesuai keinginan pengguna.

Selain itu, Twitter juga akan menghadirkan fitur bernama "Collections". Di collections, pengguna bisa mengelola twit favorit mereka agar mudah ditemukan di kemudian hari.

Baca juga: Twitter Siapkan Fitur Batalkan Twit untuk Pengguna Berbayar

Fitur lain yang kemungkinan akan hadir di layanan Twitter Blue adalah tombol Undo Tweet yang akan muncul beberapa detik setelah twit diunggah.

Adapun durasi yang memungkinkan untuk membatalkan twit adalah 5 hingga 30 detik setelah twit diunggah. Fitur ini sekilas mirip dengan fitur untuk membatalkan pengiriman pesan yang sudah lebih dulu hadir di Gmail.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Jumat (28/5/2021), pengguna Twiter Blue kabarnya juga tidak akan menemui iklan di linimasa mereka.




Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.