Perjalanan 5G di Indonesia, dari Uji Coba, Lelang Frekuensi, hingga Komersil

Kompas.com - 29/05/2021, 19:21 WIB
Peluncuran layanan 5G Telkomsel di Jakarta, Kamis (27/5/2021) KOMPAS.com/ BILL CLINTENPeluncuran layanan 5G Telkomsel di Jakarta, Kamis (27/5/2021)

KOMPAS.com - Telkomsel menjadi operator seluler pertama di Indonesia yang menggelar jaringan 5G secara komersil pada Kamis (27/5/2021).

Sebelum resmi digelar, jaringan 5G Telkomsel sendiri sebenarnya telah melalui proses uji coba (trial) berkala, yang sudah dilakukan sejak empat tahun lalu, tepatnya pada 29 Mei 2017.

Kala itu, Telkomsel menggelar live demo 5G pertama di Tanah Air dengan menggandeng perusahaan teknologi Huawei.

Pada uji coba yang digelar di Jakarta tersebut, Telkomsel menggunakan spektrum frekuensi 70 GHz, dengan fokus pada implementasi 5G di sektor eMBB (enhanced Mobile Broadband).

Baca juga: Lokasi, Harga Paket, Daftar Ponsel, dan Syarat Pemakaian Internet 5G Telkomsel

Satu tahun setelahnya, pemanfaatan (use case) 5G dipamerkan Telkomsel melalui pameran berjudul Telkomsel 5G Experience Center yang digelar di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, sekaligus memeriahkan momen Asian Games 2018.

Selama kurang lebih 3 minggu, pengguna bisa merasakan pengalaman yang ditawarkan melalui implementasi 5G di sana, meliputi komunikasi dengan robot, VR Cycling, VR Football, VR Driving, dan Autonomous Electric Vehicle.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Trial 5G di kawasan industri

VP Technology and System Telkomsel Indra Mardiatna (kiri) menjelaskan contoh implementasi jaringan 5G untuk keperluan industri di kantor Telkomsel di Batam, Kamis (28/11/2019). KOMPAS.com/ RESKA KOKO NISTANTO VP Technology and System Telkomsel Indra Mardiatna (kiri) menjelaskan contoh implementasi jaringan 5G untuk keperluan industri di kantor Telkomsel di Batam, Kamis (28/11/2019).

Setahun setelahnya, tepatnya pada 28 November 2019, Telkomsel menggelar Telkomsel 5G for Industry 4.0 untuk menguji coba implementasi 5G di sektor industri, menggunakan infrastruktur dari Ericsson.

Inisiatif yang digelar di Batam, Kepri tersebut menghadirkan berbagai macam use case, mulai dari Smart Air Patrol, Smart Surveillance, Immersive Collaboration, Future City Planning, 5G Call, Immersive Entertainment, Seamless Gaming, hingga Industry 4.0 Enabler.

KompasTekno juga sempat berpartisipasi dalam uji coba ini menggunakan perangkat Oppo Reno 5G ber-chipset Snapdragon 855, yang memiliki modem X50 dan bekerja di frekuensi 3,5 GHz.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.