Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Membuat Password yang Kuat agar Akun Tidak Mudah Diretas

Kompas.com - 30/05/2021, 16:05 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber TomsGuide

KOMPAS.com - Di era yang serba digital ini, sudah menjadi hal lumrah bila masyarakat memiliki lebih dari satu akun digital. Misalnya akun media sosial, e-mail, bahkan hingga akun rekening bank sekalipun.

Setiap akun tentu harus dilindungi oleh password agar tidak bisa digunakan orang lain. Sebab, data penting yang kita miliki kerap disimpan di dalam akun tertentu.

Misalnya data nomor rekening, nomor kartu kredit, dll dapat tersimpan di dalam akun mobile/internet banking yang kita miliki. Jika data tersebut diakses orang lain, maka akan menjadi kerugian besar bagi si pemilik data.

Sayangnya, saking banyaknya akun digital yang dimiliki, pengguna akhirnya kerap menggunakan kombinasi password yang sama untuk semua akun. Hal ini kerap dilakukan agar mudah diingat atau takut lupa.

Padahal, kata sandi merupakan lapisan keamanan pertama pada setiap kredensial akun digital yang dimilik pengguna. Lantas bagaimana membuat password yang kuat?

CEO dari perusahaan keamanan komputer Allure Security, Josh Shaul mengungkapkan bahwa kekuatan password dapat diukur dengan dua faktor, yaitu panjang karakter dan kompleksitasnya.

Baca juga: Sembunyikan Aktivitas Anda di Google dengan Password, Begini Caranya

"Secara umum, semakin panjang kata sandinya, maka akan semakin sulit untuk ditebak dan semakin kuat pula," kata Shaul.

Selain soal panjang, pengguna juga harus perhatikan soal kompleksitas alias kerumitan password yang digunakan. Semakin rumit, maka akan semakin sulit juga kata sandi untuk ditebak.

Shaul juga menyarankan pengguna untuk menghindari menggunakan password yang sifatnya umum, mudah ditebak atau dibobol, seperti kombinasi sandi '12345', 'qwerty', tanggal ulang tahun, tempat favorit, makanan favorit, dan sebagainya.

Waspada pencurian password saat transaksi kartu kredit onlineShutterstock Waspada pencurian password saat transaksi kartu kredit online

Tips membuat password yang kuat

Berikut tips dan trik membuat password kuat selengkapnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TomsGuide, Minggu (30/5/2021).

Pertama, sebuah kata sandi harus terdiri dari setidaknya 16 karakter. Sebenarnya, dulu kata sandi minimal harus terdiri dari delapan karakter saja. Namun, saat ini dunia peretasan semakin mengalami kemajuan, sehingga membutuhkan kombinasi kata sandi yang lebih banyak.

Kedua, kata sandi harus menggunakan setidaknya tiga dari empat jenis karakter. Mulai dari menggunakan huruf kapital (ABC), huruf kecil (abc), angka (123), dan simbol (~!@#$%).

Ketiga, lebih baik gunakan password dengan karakter yang panjang, dari pada yang rumit. Password "MonitorHouseboatFibonacciRuler" lebih kuat dari kombinasi kata sandi rumit "; S) 5uRvN + w".

Baca juga: 3 Miliar E-mail dan Password Bocor di Internet, Cek Apakah Anda Terdampak

Keempat, kendati menggunakan kata sandi panjang cenderung lebih baik, pengguna harus menggarisbawahi untuk menggunakan frasa panjang yang unik, tidak diketahui oleh orang lain, dan mudah diingat pengguna.

Kelima, jangan menggunakan hanya satu huruf kapital atau karakter khusus. Terlebih jangan menempatkannya di awal dan akhir kata sandi, karena itu mudah ditebak.

Halaman:
Sumber TomsGuide


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com