Begini Cara Membuat Password yang Kuat agar Akun Tidak Mudah Diretas

Kompas.com - 30/05/2021, 16:05 WIB
Ilustrasi tampilan user ID dan password Dok. ShutterstockIlustrasi tampilan user ID dan password

KOMPAS.com - Di era yang serba digital ini, sudah menjadi hal lumrah bila masyarakat memiliki lebih dari satu akun digital. Misalnya akun media sosial, e-mail, bahkan hingga akun rekening bank sekalipun.

Setiap akun tentu harus dilindungi oleh password agar tidak bisa digunakan orang lain. Sebab, data penting yang kita miliki kerap disimpan di dalam akun tertentu.

Misalnya data nomor rekening, nomor kartu kredit, dll dapat tersimpan di dalam akun mobile/internet banking yang kita miliki. Jika data tersebut diakses orang lain, maka akan menjadi kerugian besar bagi si pemilik data.

Sayangnya, saking banyaknya akun digital yang dimiliki, pengguna akhirnya kerap menggunakan kombinasi password yang sama untuk semua akun. Hal ini kerap dilakukan agar mudah diingat atau takut lupa.

Padahal, kata sandi merupakan lapisan keamanan pertama pada setiap kredensial akun digital yang dimilik pengguna. Lantas bagaimana membuat password yang kuat?

CEO dari perusahaan keamanan komputer Allure Security, Josh Shaul mengungkapkan bahwa kekuatan password dapat diukur dengan dua faktor, yaitu panjang karakter dan kompleksitasnya.

Baca juga: Sembunyikan Aktivitas Anda di Google dengan Password, Begini Caranya

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Secara umum, semakin panjang kata sandinya, maka akan semakin sulit untuk ditebak dan semakin kuat pula," kata Shaul.

Selain soal panjang, pengguna juga harus perhatikan soal kompleksitas alias kerumitan password yang digunakan. Semakin rumit, maka akan semakin sulit juga kata sandi untuk ditebak.

Shaul juga menyarankan pengguna untuk menghindari menggunakan password yang sifatnya umum, mudah ditebak atau dibobol, seperti kombinasi sandi '12345', 'qwerty', tanggal ulang tahun, tempat favorit, makanan favorit, dan sebagainya.

Waspada pencurian password saat transaksi kartu kredit onlineShutterstock Waspada pencurian password saat transaksi kartu kredit online

Tips membuat password yang kuat

Berikut tips dan trik membuat password kuat selengkapnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TomsGuide, Minggu (30/5/2021).

Halaman:


Sumber TomsGuide
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X