Foto dari Gmail Bisa Langsung Disimpan di Google Photos

Kompas.com - 30/05/2021, 18:05 WIB
ilustrasi Google Photos businessinsider.comilustrasi Google Photos

KOMPAS.com - Google mengumumkan pembaruan kecil namun bisa cukup berguna bagi penggunanya. Terutama bagi pengguna yang kerap mengunduh foto dari Gmail dan memindahkannya ke Google Photos.

Sebuah tombol Google Photos ditambahkan sebagai opsi unduhan lampiran foto di Gmail. Dengan tombol bernama "Save to Photos" ini, pengguna bisa langsung menyimpan foto dari lampiran e-mail ke Google Photos tanpa harus iunduh lebih dulu.

Selama ini, hanya ada dua opsi unduhan di lampiran foto Gmail, yakni unduh ke perangkat atau menambahkannya di Google Drive. Google sudah mulai menyalurkan update tombol tersebut bagi pengguna Gmail pribadi, Google Workspace, G Suite Basic, dan G Suite Business.

Baca juga: Cara Download Foto dan Video dari Google Photos

Namun, dari pantauan KompasTekno, agaknya pembaruan ini belum merata ke seluruh pengguna Gmail. Mereka yang belum kebagian agaknya harus bersabar lebih lama sebelum mendapatkannya di Gmail masing-masing.

Saat sudah hadir nanti, tombol "Save to Photos" akan berada di sisi paling kanan, bersebelahan dengan logo Google Drive. Opsi tersebut juga bisa ditemukan ketika mengetuk tombol menu (titik tiga vertikal) yang ada di pojok kanan atas ketika membuka gambar secara penuh.

Tombol Save to Photos untuk memudahkan pengguna mencadangkan foto dari Gmail.Google Tombol Save to Photos untuk memudahkan pengguna mencadangkan foto dari Gmail.
Menurut Google, fitur ini bisa memberikan opsi bagi pengguna yang ingin langsung mencadangkan foto ke Google Photo tanpa harus mengunduh foto lebih dulu dari Gmail. Google juga mengatakan fitur ini akan muncul secara default.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dirangkum KompasTekno dari BGR, Minggu (30/5/2021), tombol "Save to Photos" baru berlaku untuk jenis foto JPEG. Sementara untuk format gambar PNG, GIF, atau TIFF, hanya akan memiliki dua opsi yang ada selama ini.

Sebelumnya, Google juga mengumumkan hal baru tentang Google Photos, yakni opsi penyimpanan tanpa batas (unlimited) tidak akan lagi tersedia lagi mulai 1 Juni 2021.

Baca juga: Google Photos Unlimited Gratis Berakhir 1 Juni, Ini yang Perlu Dilakukan Pengguna

Semua foto baru yang dicadangkan mulai dan setelah 1 Juni nanti akan masuk ke dalam ruang penyimpanan 15 GB gratisan bawaan Google yang juga digunakan layanan lain seperti Drive dan Gmail.

Namun, semua foto dan video yang telah dicadangkan sebelum 1 Juni tidak akan memakan ruang penyimpanan 15 GB tersebut. Apabila ruang penyimpanan15 GB telah digunakan seluruhnya,pengguna bisa membeli tambahan kapasitas penyimpanan cloud Google. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.