Layanan Podcast Berbayar Apple Ditunda hingga Juni

Kompas.com - 31/05/2021, 07:07 WIB
Ilustrasi logo Apple di depan Apple Store Beijing KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi logo Apple di depan Apple Store Beijing

KOMPAS.com - Apple sebelumnya telah mengumumkan akan menghadirkan layanan podcast berbayar. Mulanya, layanan audio premium tersebut direncanakan bakal meluncur pada Mei 2021.

Namun, baru-baru ini Apple menyebar e-mail pemberitahuan kepada para kreator konten, bahwa bahwa peluncuran layanan podcast berbayarnya bakal ditunda.

Dalam e-mail tersebut, Apple mengatakan bahwa pihaknya bakal menunda peluncuran layanan podcast bikinannya hingga Juni mendatang. Penundaan tersebut dilatarbelakangi oleh adanya sejumlah gangguan pada layanan Apple Podcasts Connect.

Baca juga: Apple Siapkan Podcast Berbayar Pesaing Spotify

Gangguan ini dilaporkan telah terjadi sejak bulan April lalu. Apple mengungkap bahwa rilis layanan podcast premium ini ditunda agar "memaksimalkan potensi".

"Selama beberapa pekan terakhir, beberapa konten kreator mengalami keterlambatan dalam menyuguhkan konten podcast melalui Apple Podcasts Connect," tulis Apple.

"Kami telah mengatasi gangguan ini dan mendorong para konten kreator yang mengalami masalah serupa untuk menghubungi kami," lanjut Apple.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain memberitahukan informasi keterlambatan pada layanan podcast terbarunya, Apple turut menyampaikan update terkait desain Apple Podcast yang sempat digelontorkan pada iOS 14.5.

Baca juga: Clubhouse, Pengancam atau Penyelamat Radio-Podcast?

Perusahaan asal Cupertino, AS itu berjanji akan memperbaiki tampilan antarmuka "Library" melalui update iOS 14.6 yang akan dirilis dalam beberapa pekan mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (31/5/2021).

Apple sejatinya telah mengumumkan kehadiran platform layanan podcast premium ini sejak April lalu. Saat diluncurkan, produk ini kabarnya bakal tersedia di 170 negara.

Setelah diluncurkan, layanan podcast milik Apple ini konon menjanjikan konten bebas iklan serta episode podcast khusus kepada para penggunanya.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X