Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Layanan Podcast Berbayar Apple Ditunda hingga Juni

Kompas.com - 31/05/2021, 07:07 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Apple sebelumnya telah mengumumkan akan menghadirkan layanan podcast berbayar. Mulanya, layanan audio premium tersebut direncanakan bakal meluncur pada Mei 2021.

Namun, baru-baru ini Apple menyebar e-mail pemberitahuan kepada para kreator konten, bahwa bahwa peluncuran layanan podcast berbayarnya bakal ditunda.

Dalam e-mail tersebut, Apple mengatakan bahwa pihaknya bakal menunda peluncuran layanan podcast bikinannya hingga Juni mendatang. Penundaan tersebut dilatarbelakangi oleh adanya sejumlah gangguan pada layanan Apple Podcasts Connect.

Baca juga: Apple Siapkan Podcast Berbayar Pesaing Spotify

Gangguan ini dilaporkan telah terjadi sejak bulan April lalu. Apple mengungkap bahwa rilis layanan podcast premium ini ditunda agar "memaksimalkan potensi".

"Selama beberapa pekan terakhir, beberapa konten kreator mengalami keterlambatan dalam menyuguhkan konten podcast melalui Apple Podcasts Connect," tulis Apple.

"Kami telah mengatasi gangguan ini dan mendorong para konten kreator yang mengalami masalah serupa untuk menghubungi kami," lanjut Apple.

Selain memberitahukan informasi keterlambatan pada layanan podcast terbarunya, Apple turut menyampaikan update terkait desain Apple Podcast yang sempat digelontorkan pada iOS 14.5.

Baca juga: Clubhouse, Pengancam atau Penyelamat Radio-Podcast?

Perusahaan asal Cupertino, AS itu berjanji akan memperbaiki tampilan antarmuka "Library" melalui update iOS 14.6 yang akan dirilis dalam beberapa pekan mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (31/5/2021).

Apple sejatinya telah mengumumkan kehadiran platform layanan podcast premium ini sejak April lalu. Saat diluncurkan, produk ini kabarnya bakal tersedia di 170 negara.

Setelah diluncurkan, layanan podcast milik Apple ini konon menjanjikan konten bebas iklan serta episode podcast khusus kepada para penggunanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com