Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Sembunyikan Konten Pro-Palestina, Ini Respons Instagram

Kompas.com - 31/05/2021, 10:07 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Instagram mengubah algoritma postingan di linimasa (timeline)-nya, setelah mendapat kecaman. Media sosial naungan Facebook itu diduga menyembunyikan posting konten yang mendukung Palestina.

Secara khusus, Instagram dituduh telah menghapus berbagai posting terkait serangan Israel kepada warga Palestina, yang terjadi di sekitar wilayah Masjid Al-Aqsa, awal Mei lalu.

Hal ini diketahui setelah sejumlah pengguna mengaku gagal melihat dan membagikan foto dan video yang berisi konten kericuhan di Gaza.

Baca juga: Cara Menghapus Banyak Komentar Sekaligus di Instagram

Menanggapi masalah tersebut, Head of Instagram, Adam Mosseri kemudian menyampaikan klarifikasi. Ia mengatakan hilangnya posting tersebut disebabkan oleh bug teknis.

Ia turut menegaskan bahwa Facebook dan Instagram tidak dengan sengaja menghapus konten terkait konflik antara Israel dan Palestina.

"Banyak pengguna mengira kami menghapus konten mereka berdasar apa yang mereka posting atau hashtag yang mereka pakai, tetapi bug ini tidak terkait dengan konten itu sendiri, melainkan masalah luas yang kini telah diperbaiki," tulis Mosseri melalui akun Twitternya.

Instagram juga mengatakan bahwa pihaknya lebih memprioritaskan untuk membagikan konten dari pengguna terdekat, seperti teman, dibanding posting pengguna lain yang tidak dikenal.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (31/5/2021), Instagram berdalih jika hal ini sengaja dilakukan demi mengikuti permintaan pengguna.

Setelah pembaruan algoritma ini, pengguna Instagram nantinya dapat menikmati konten orisinal dan konten yang dibagikan ulang (repost dan reshare) secara seimbang.

Baca juga: Resmi, Pengguna Instagram dan Facebook Kini Bisa Sembunyikan Jumlah Like

Sebab sebelumnya, Instagram diketahui telah membatasi jumlah konten jenis reshared (yang dibagikan ulang) kepada pengguna. Hal ini mengakibatkan posting tersebut menjadi tenggelam dan sulit untuk diakses.

Menurut juru bicara Facebook, pembatasan konten yang dibagikan pada Instagram mulanya bertujuan untuk menggiring pengguna agar lebih fokus menikmati konten orisinal.

Namun dikarenakan munculnya dugaan pemblokiran konten tertentu, Instagram kini mulai menyeimbangkan konten orisinal dan konten yang diposting ulang oleh pengguna lain, kepada penggunanya.

Baca juga: Facebook Messenger dan DM Instagram Tak Diamankan hingga 2022

Meski pihak Instagram telah memberikan penjelasan, namun sebagian masyarakat masih skeptis. Bahkan tak sedikit yang tidak mempercayai Instagram. Sebab menurut laporan BuzzFeed News, Facebook diduga menghapus sekitar 470 posting terkait Masjid Al-Aqsa selama satu pekan terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com