Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Batasi Aplikasi yang Dipakai Anak dengan Kid Space di Oppo A74

Kompas.com - 31/05/2021, 15:21 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo A74 merupakan ponsel Oppo seri A terbaru yang telah dilengkapi antarmuka ColorOS 11.1 berbasis Android. Keunggulan yang ditawarkan termasuk fitur-fitur penunjang ponsel yang bermanfaat, salah satunya fitur bernama Kid Space.

Secara garis besar, fitur Kid Space memungkinkan pengguna untuk menyortir penggunaan aplikasi yang terdapat pada ponsel Oppo A74.

Fitur Kid Space sendiri ditujukan kepada pengguna khususnya para orangtua, yang ingin memantau anak-anak dalam menggunakan ponsel.

Baca juga: Ponsel Oppo yang Bisa Terhubung Jaringan 5G Telkomsel

Berdasarkan keterangan yang terpampang pada laman pengaturan Oppo A74, fitur Kid Space memiliki tiga manfaat.

Pertama, pengguna dapat memanfaatkan fitur ini untuk mencegah kegiatan pembelian menggunakan aplikasi, misalnya pembelian barang (item) di dalam game.

Kedua, fitur Kid Space juga dapat digunakan untuk mencegah pemasangan dan pencopotan aplikasi pada ponsel oleh anak.

Terakhir, pengguna juga bisa membatasi waktu penggunaan dan jenis aplikasi yang dibuka. Dengan demikian, para orangtua bisa mengontrol waktu penggunaan dan memantau jenis aplikasi yang diakses oleh anak.

Nah, mengingat manfaatnya yang bisa membantu orangtua awasi anak, berikut adalah cara mengaktifkan fitur Kid Space di ponsel Oppo A74.

Pertama, buka menu Settings dan gulir ke bawah hingga terdapat opsi Privacy. Selanjutnya, klik opsi Kid Space. Di sini, pengguna dapat melakukan beberapa penyesuaian, salah satunya adalah membatasi waktu penggunaan aplikasi.

Baca juga: Google Family Link Mudahkan Orangtua Awasi Anak di Dunia Maya

Untuk mengaktifkan fitur ini, klik opsi "Duration allowed each time" dan atur durasi waktu sesuai dengan keinginan Anda. Pengguna dapat membatasi waktu penggunaan aplikasi mulai dari 15 menit hingga tiga jam lamanya.

Cara mengaktifkan fitur Kid Space pada Oppo A74.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Cara mengaktifkan fitur Kid Space pada Oppo A74.

Pengguna juga bisa mengatur jenis aplikasi yang dapat diakses pada Oppo A74 dengan memilih opsi "Allowed Apps".

Setelah opsi ini diklik, pengguna bisa langsung memilih beragam aplikasi yang dapat diakses setelah fitur Kid Space diaktifkan nantinya.

Baca juga: Instagram RIlis Panduan bagi Orangtua Awasi Anaknya

Terakhir, terdapat opsi "Turn off mobile network". Apabila fitur ini diaktifkan, maka nantinya pengguna tak lagi dapat mengakses layanan internet melalu mobile data.

Setelah semua penyesuaian dilakukan, klik opsi "Enter Kid Space" untuk segera mengaktifkan fitur Kid Space pada Oppo A74.

Apabila diperlukan, pengguna juga dapat menonaktifkan fitur Kid Space. Pengguna wajib memasukkan kata sandi (password) yang sebelumnya telah diatur pada menu Privacy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com