Teknologi HyperCharge Xiaomi Isi Penuh Baterai Ponsel dalam 8 Menit

Kompas.com - 31/05/2021, 18:33 WIB
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Xiaomi kembali memperkenalkan teknologi Fast Charging teranyarnya dengan nama "HyperCharge". Standar Fast Charging tersebut mendukung pengisian cepat dengan daya 200 Watt.

Xiaomi mengklaim bahwa "HyperCharge" merupakan teknologi pengisian daya yang jauh lebih cepat dari yang pernah ada sejauh ini. Teknologi tersebut dipamerkan Xiaomi melalui sebuah video yang diunggah di kanal YouTube miliknya pada Senin (31/5/2021).

Dalam video, Xiaomi mendemonstrasikan kemampuan teknologi pengisian daya super cepat itu untuk mengisi baterai ponsel berkapasitas 4.000 mAh.

Baca juga: Xiaomi Perkenalkan Mi Air Charge, Teknologi Pengisian Baterai lewat Udara

Pengujian itu memperlihatkan daya baterai ponsel Xiaomi terisi 50 persen hanya dalam waktu tiga menit. Lalu di menit ke-6, baterai ponsel sudah terisi dayanya 80 persen. Hingga akhirnya daya baterai terisi penuh pada menit ke-8.

Selain itu, Xiaomi turut memamerkan teknologi pengisi daya cepat Wireless Charging (nirkabel) terbarunya. Dalam demo, Xiaomi menggunakan Mi 11 Pro yang dibekali baterai 4.000 mAh sebagai bahan uji coba.

Hasilnya, baterai ponsel tersebut mampu terisi 50 persen dalam waktu tujuh menit dan terisi hingga penuh hanya dalam waktu 15 menit.

Meski begitu, Xiaomi belum mengungkapkan secara pasti, kapan dan ponsel apa yang nantinya akan mengadopsi teknologi Fast Charging tersebut.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Slash Gear, Senin (31/5/2021), teknologi pengisi daya cepat saat ini memang kerap dijadikan sebagai bahan pemasaran oleh vendor smartphone untuk menjual ponsel buatannya ke pasar.

Xiaomi sendiri tengah bersaing dengan vendor asal China lainnya, seperti Oppo dan OnePlus yang juga kerap mengedepankan keberadaan fitur pengisi daya cepat pada ponsel sebagai salah satu nilai jual.

Baca juga: Wireless Air Charging Oppo Bisa Isi Baterai Ponsel Tanpa Harus Menempel

Seperti pada Juli 2020 lalu misalnya, Oppo telah memperkenalkan teknologi Fast Charging bernama "125W Flash Charge" yang diklaim mampu mengisi daya baterai ponsel berkapasitas 4.000 mAh dari 0 hingga 41 persen dalam 5 menit, serta 100 persen dalam 20 menit.

Tak ketinggalan, spin-off dari Oppo, Realme, pun turut meluncurkan teknologi yang diberi nama "125W UtraDART, dan diklaim memiliki kecepatan charging hingga 125 Watt.

Dengan solusi pengisian cepat yang digodok Realme, sebuah smartphone berbaterai 4.000 mAh diklaim bisa terisi sebanyak 33 persen hanya dalam waktu tiga menit.

Kelak, hadirnya teknologi Fast Charge 200 Watt milik Xiaomi akan menjadi benchmark baru bagi para vendor smartphone untuk menghadirkan kemampuan pengisian daya yang lebih baik lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Slash Gear


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.