Belum Ada Smartphone yang Bisa Terkoneksi Sinyal 5G di Indonesia, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 31/05/2021, 19:40 WIB
Oppo Reno 5G yang dipamerkan Oppo di Batam, dalam uji coba jaringan 5G Telkomsel, Kamis (29/11/2019). KOMPAS.com/Reska K. NistantoOppo Reno 5G yang dipamerkan Oppo di Batam, dalam uji coba jaringan 5G Telkomsel, Kamis (29/11/2019).

KOMPAS.com - Layanan 5G resmi mulai digulirkan di Indonesia secara bertahap. Beberapa vendor smartphone juga sudah memperkenalkan smartphone 5G buatannya ke Tanah Air.

Akan tetapi, tidak perlu buru-buru untuk memburu ponsel 5G yang sudah beredar saat ini. Pasalnya, hingga saat ini belum ada satupun smartphone 5G di Indonesia yang sudah bisa digunakan untuk menikmati layanan internet 5G oleh pengguna biasa.

Pengguna biasa yang dimaksud di sini adalah pemilik ponsel 5G yang tidak mempunyai akses khusus ke vendor smartphone dan operator telekomunikasi.

Jika Anda menemui sejumlah orang yang memamerkan kemampuan 5G Telkomsel di media sosial, kemungkinan besar mereka memang memiliki akses khusus. Mereka pun menjajalnya baru sebatas untuk keperluan uji coba mengukur kecepatan internet.

Semua vendor smartphone di Indonesia kompak mengatakan bahwa agar ponsel 5G bisa tersambung ke sinyal 5G, harus menunggu pembaruan software over the air (OTA) untuk membuka kunci (unlock) 5G terlebih dahulu.

Sekalipun smartphone telah mendukung pita (band) n40 yang bekerja di spektrum 2,3 GHz.

Untuk diketahui, salah satu syarat smartphone bisa terkoneksi dengan sinyal 5G Telkomsel di Indonesia adalah mendukung band n40 di spektrum 2,3 GHz. Spektrum tersebut digunakan Telkomsel untuk menggelar jaringan 5G di tahap awal ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, syarat lain untuk benar-benar menikmati kecepatan internet super cepat tersebut adalah kartu SIM Telkomsel yang sudah teregistrasi jaringan 5G.

Ponsel Anda bisa saja sudah menangkap dan menampilkan sinyal 5G, tetapi itu sebenarnya masih menggunakan jaringan 4G. Mengapa demikian? Karena kartu SIM Anda belum teregistrasi untuk menggunakan layanan 5G Telkomsel.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diluruskan Seputar Kehadiran Jaringan 5G

Smartphone 5G yang bakal mendukung 5G Telkomsel

Beberapa vendor smartphone memang telah mengonfirmasi bahwa beberapa perangkat mereka akan kompatibel dengan layanan 5G Telkomsel, apabila pembaruan OTA untuk unlock 5G telah digulirkan ke perangkat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X