Intel Perkenalkan Prosesor Core i7 5 GHz untuk Laptop Tipis

Kompas.com - 01/06/2021, 14:03 WIB
Ilustrasi prosesor Intel cnet.comIlustrasi prosesor Intel

KOMPAS.com - Melalui ajang pameran komputer Computex 2011, Intel mengumumkan dua prosesor Core Generasi ke-11 (Tiger Lake) terbarunya, yakni Intel Core i7-1195G7 dan Intel Core i5-1155G7

Dengan TDP 12-28 watt, serta memiliki pengolah grafis (GPU) terintegrasi Iris Xe, kedua prosesor quad-core dari keluarga U-seriesini ditujukan khusus untuk produk-produk laptop tipis dan ringan alias kategori "thin and light".

Baca juga: Prosesor Intel Core H-Series untuk Laptop Resmi Diumumkan

Dari keduanya, Core i7-1195G7 menempati posisi lebih tinggi dengan 4 inti CPU (8 thread),  base clock 2,9 GHz, dan kecepatan turbo mencapai 5 GHz (single core) lewat Intel Turbo Boost max 3.0. Ini merupakan prosesor U-series pertama Intel yang mencapai kecepatan 5 GHz.

Core i5-1155G7 juga dibekali 4 inci CPU dan 8 thread, tapi kecepatannya lebih rendah di angka 2,5 GHz untuk base clock dan 4,5 GHz untuk turbo.

Selain dua prosesor anyar tersebut, lewat kemitraan dengan MediaTek, Intel turut memperkenalkan modul 5G pertamanya yang ditujukan untuk menambah konektivitas 5G pada laptop, Intel 5G Solution 5000.

Baca juga: Pendapatan Intel Turun meski Penjualan Chip Naik

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Solusi konektivitas 5G yang menggunakan slot M.2 ini terdiri dari modul Fibocom, firmware MediaTek, dan host software Intel. Intel 5G Solution 5000 sendiri telah mendukung 5G NR pada mid-band, frekuensi sub-6GHz, dan teknologi eSIM.

Produk 5G teranyar ini diprediksi bakal hadir di sejumlah jajaran laptop para vendor ternama, seperti Acer, ASUS, HP, dan produsen lain pada akhir tahun ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (1/6/2021).



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.