Huawei Resmikan HarmonyOS, Sistem Operasi Alternatif Android

Kompas.com - 03/06/2021, 07:28 WIB
Wang Chenglu, President Huawei CBG memperkenalkan sistem operasi HarmonyOS. HuaweiWang Chenglu, President Huawei CBG memperkenalkan sistem operasi HarmonyOS.

KOMPAS.com - Huawei resmi meluncurkan sistem operasi mobile pesaing Android, bernama HarmonyOS. Vendor asal China itu mengaku siap untuk mengaplikasikan OS baru ini pada beragam jenis ponsel dan aksesori pintar.

Salah satunya termasuk ponsel flagship bikinannya, yakni Mate 40 dan Mate X2. Selain ponsel, HarmonyOS juga dapat digunakan pada beragam tablet dan aksesori pintar, seperti tablet MatePad Pro dan arloji pintar Watch Series 3.

Menurut President of Huawei Consumer Business Group Software Department, Wang Chenglu, kehadiran HarmonyOS tidak hanya ditujukan untuk produk Huawei saja, melainkan untuk seluruh perangkat ponsel dan gadget lain tanpa terkecuali.

Baca juga: Ketika Smartphone Xiaomi Menggunakan HarmonyOS Buatan Huawei

Perangkat pertama yang akan mendapatkan update HarmonyOS adalah seri Mate 40, Mate 30, dan ponsel lipat Mate X2. Pengguna yang memiliki ponsel lawas seperti Mate 10 dan P20 series akan mendapat update pada paruh pertama tahun ini.

Chenglu bahkan menargetkan HarmonyOS bakal dipakai oleh 200 juta ponsel dan 100 juta perangkat pintar buatan pihak ketiga, pada akhir tahun 2021 ini.

Meizu merupakan salah sedikit vendor smartphone yang tertarik untuk mengadopsi sistem buatan Huawei ini. Sebaliknya, beberapa vendor yang lebih besar seperti Oppo, Vivo dan Xiaomi disinyalir masih belum tertarik untuk mencicipi Harmony OS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Keunggulan Harmony OS

Meski terbilang baru, namun HarmonyOS telah menawarkan keunggulan utama berupa kemampuan untuk saling terintegrasi antara satu sama lain.

Huawei memiliki visi untuk menyatukan semua perangkat yang didukung dengan HarmonyOS dalam satu kontrol tunggal.

Dengan demikian, pengguna diklaim dapat dengan lebih mudah menjalankan beragam perangkat yang sebelumnya telah saling terkoneksi, menggunakan HarmonyOS.

Kehadiran HarmonyOS sendiri menawarkan kesempatan kepada pengguna untuk mencoba sistem operasi baru. Sebab hingga saat ini, pasar smartphone global masih didominasi oleh dua sistem operasi mainstream, yakni Android bikinan Google dan iOS milik Apple.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.