Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Performa Snapdragon 888 Plus, Skor Lebih Tinggi dari Versi Biasa

Kompas.com - 03/06/2021, 08:07 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Qualcomm dikabarkan tengah bersiap merilis chip mobile kelas atas baru, yakni Snapdragon 888 Plus. SoC ini bakal menjadi suksesor dari Snapdragon 888 versi standar dan kemungkinan memiliki performa lebih tinggi.

Meski belum ada informasi resmi mengenai chip tersebut, namun baru-baru ini bocoran tentang Snapdragon 888+ mulai beredar di internet. Kali ini, chip tersebut muncul di halaman situs pengujian performa (benchmark) Geekbench.

Berdasarkan bocoran skor benchmark multi-platform Geekbench, yang dipublikasikan oleh pembocor Abhishek Yadav, Snapdragon 888 Plus menghasilkan nilai pengujian single core sebesar 1.171 poin dan multi core sebesar 3.704 poin.

Baca juga: Daftar 5 Besar Vendor Chip Dunia 2020, Qualcomm Teratas

Dari tangkapan layar yang beredar, pengujian tersebut dilakukan pada perangkat yang menjalankan sistem operasi (OS) Android 11. Namun, tidak disebutkan perangkat apa yang digunakan dalam pengujian ini.

Bocoran benchmark Geekbench Snapdragon 888 Plusphonearena.com Bocoran benchmark Geekbench Snapdragon 888 Plus

Jika dibandingkan dengan versi standar, skor Snapdragon 888 Plus yang berkode nama "Lahaina" itu lebih tinggi daripada skor Snapdragon 888 di Samsung Galaxy S21, yang mencatat skor single core 1.043 poin dan multi core 3.090 poin.

Begitu juga dengan OnePlus 9 yang hanya memperoleh skor single core 1.127 poin dan multi core 3.667 poin.

Baca juga: Qualcomm Buka Toko Resmi di Tokopedia, Jual Apa?

Snapdragon 888 Plus adalah chip dengan delapan inti (octa-core) dengan satu core CPU  utama, satu kluster dengan 3 core CPU, dan satu kluster dengan 4 core CPU.

Core utamanya adalah CPU berbasis ARM Cortex-X1 dengan kecepatan clock 3,00 GHz. Sebelumnya, CPU Kryo 680 pada Snapdragon 888 versi standar hanya memiliki kecepatan 2,84 GHz.

Selain core utama, terdapat juga satu kluster yang terdiri atas tiga core, yang kabarnya menggunakan CPU Cortex-A78, dengan kecepatan clock 2,42 GHz.

Terakhir, terdapat pula satu kluster empat core yang berbasis Cortex-A55 dengan frekuensi 1,80 GHz, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (3/6/2021).

GPU ngebut

Tak hanya CPU, kinerja pengolah grafis (GPU) pun kabarnya juga turut digenjot. Adreno 660 yang tersemat di Snapdragon 888 Plus ini diklaim lebih ngebut dibanding GPU yang sama di versi standar.

Baca juga: Xiaomi dan Oppo Siapkan Chip 5G Pesaing Snapdragon

Seorang pembocor ulung, Roland Quandt mengatakan bahwa Samsung bakal mengadopsi Snapdragon 888 Plus ini untuk perangkat Galaxy Z Fold 3.

Kendati demikian, bocoran spesifikasi Snapdragon 888 Plus di atas tentu saja belum terkonfirmasi sepenuhnya.

Pasalnya, pihak Qualcomm pun masih belum membeberkan detail informasi dan rincian lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com