Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Operator Seluler Indonesia Terbaik untuk Video Call

Kompas.com - 03/06/2021, 11:16 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber OpenSignal

KOMPAS.com - Pandemi telah mengubah metode manusia dalam mengerjakan aktivitas kesehariannya. Beragam kegiatan yang sebelumnya dapat dilakukan dengan bertatap muka, kini telah hampir sepenuhnya bertransformasi menjadi secara virtual.

Hal ini lantas meningkatkan kebutuhan panggilan video grup (group video call) di masyarakat. Beragam penyedia layanan aplikasi video call pun mendadak naik daun karena banyak digunakan sebagai media perantara selama work from home (WHF).

Lembaga riset jaringan mobile OpenSignal melakukan riset terkait kualitas sinyal operator seluler pada layanan panggilan video.

Baca juga: Cara Mengubah Smartphone Menjadi Webcam untuk Video Call

Dalam laporan yang bertajuk "The State of Group Video Calling Experience", OpenSignal mengukur kualitas sinyal yang disediakan oleh beragam operator seluler di berbagai negara, termasuk Indonesia.

OpenSignal mengadakan riset pada lima operator seluler terbesar di Tanah Air, yang mencakup Tri, Indosat, Smartfren, Telkomsel, dan XL.

Daftar nilai yang diperoleh tiap-tiap operator seluler di Indonesia dalam menentukan yang kualitas penyedia sinyal terbaik saat melakukan panggilan video grup.OpenSignal Daftar nilai yang diperoleh tiap-tiap operator seluler di Indonesia dalam menentukan yang kualitas penyedia sinyal terbaik saat melakukan panggilan video grup.

Pada analisis kali ini, OpenSignal menggunakan beberapa indikator penentu untuk menilai seberapa bagus kualitas sinyal yang ditawarkan.

Salah satunya adalah pada jenis aplikasi grup video call yang banyak digunakan. OpenSignal melakukan tes panggilan video pada deretan aplikasi conference populer, seperti WhatsApp, Zoom, Line, WeChat, Microsoft Teams, dan Facetime.

Tes ini dilakukan pada perangkat smartphone dengan kapasitas partisipan yang beragam, mulai dari dua hingga delapan partisipan sekaligus.

Baca juga: 4 Cara Mencegah Zoom Fatigue, Kelelahan Akibat Sering Video Call

Hal ini dilakukan untuk mengukur seberapa tinggi kualitas gambar dan suara yang mampu dihasilkan oleh operator seluler di Indonesia. Skala poin penilaian yang digunakan dalam tes ini adalah mulai dari 0 hingga 100.

Hasil penelitian dari data yang dikumpulkan pada 12 Februari hingga 13 Mei 2021 itu menunjukkan bahwa Telkomsel dan Tri adalah dua operator seluler yang mampu menghasilkan kualitas panggilan video terbaik.

Hal ini tecermin dari tingginya perolehan skor keduanya, yang sama-sama imbang pada angka 57,4.

Sementara itu, Indosat duduk di peringkat ketiga dengan perolehan skor 55,6. Di posisi keempat ada XL yang mengantongi skor 51,7, disusul oleh Smartfren di peringkat kelima yang mencatat skor 33,2.

Indonesia menempati posisi ke-11 sebagai negara dengan kualitas pengalaman terbaik saat melakukan video call grup.OpenSignal Indonesia menempati posisi ke-11 sebagai negara dengan kualitas pengalaman terbaik saat melakukan video call grup.

Dengan skor seperti di atas, Indonesia masuk di peringkat ke-11 negara dengan penyedia kualitas panggilan video terbaik di Asia Pasifik.

Posisi pertama diraih oleh Jepang yang memperoleh skor tertinggi, yaitu 85,7. Menyusul di bawahnya, terdapat Singapura, Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru yang menduduki kursi lima besar, dihimpun KompasTekno dari Open Signal, Kamis (3/6/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber OpenSignal


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com