Diperbarui, Proses "Onboard" WhatsApp Business API Kini Hanya Butuh 5 Menit

Kompas.com - 03/06/2021, 12:32 WIB
Ilustrasi WA Business (WhatsApp Bisnis). RecodeIlustrasi WA Business (WhatsApp Bisnis).

KOMPAS.com - Setelah resmi memberlakukan kebijakan privasi baru kepada penggunanya reguler pada 15 Mei lalu, kini WhatsApp juga turut menghadirkan sejumlah pembaruan pada layanan bisnisnya, WhatsApp Business API.

Pembaruan kali ini disebut mempermudah pelaku bisnis untuk bergabung ke WhatsApp Business API serta memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan bisnis.

Sebelumnya, proses bergabung (onboard) bisnis ke WhatsApp Business API ini memakan waktu yang cukup lama, hingga berminggu-minggu.

Baca juga: Pesan Suara WhatsApp Bisa Didengar Sebelum Dikirim, Begini Caranya

Nah, dengan adanya pembaruan kali ini, WhatsApp mengungkapkan bahwa waktu proses onboard tersebut telah dipersingkat. Sekarang bisnis dapat memulai penggunaan WhatsApp Business API hanya dalam lima menit saja.

"Peningkatan ini akan memudahkan bisnis skala menengah dan besar untuk melakukan percakapan dengan pelanggan di WhatsApp," kata WhatsApp dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (2/6/2021).

Pembaruan WhatsApp Business API.WhatsApp Pembaruan WhatsApp Business API.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk diketahui, WhatsApp memang memiliki dua macam layanan bisnis. Layanan pertama ialah WhatsApp Business untuk pengguna kebanyakan, serta WhatsApp Business API untuk perusahaan-perusahaan skala menengah dan besar.

Perusahaan menengah atau besar yang ingin berinteraksi dengan konsumennya melalui WhatsApp, bisa menggunakan Business API ini. Misalkan perusahaan seperti operator seluler, maskapai penerbangan, atau perusahaan e-commerce.

Selain mempersingkat waktu onboard, kini WhatsApp juga menyediakan lebih banyak jenis pesan berkala yang bisa dimanfaatkan oleh bisnis. Misalnya seperti pesan yang memberi tahu kepada pelanggan kapan suatu produk kembali tersedia.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Anti-pembajakan Akun lewat Kode OTP

Di sisi pelanggan, pembaruan WhatsApp Business API memungkinkan pengguna untuk merespons pesan bisnis menggunakan opsi fitur balas cepat.

Nantinya, bisnis bisa mengatur maksimal 10 opsi balas cepat untuk pelanggan, sehingga pelanggan bisa merespons pesan bisnis dengan cepat, hanya dengan satu ketuk saja.

"Kami juga meluncurkan fitur perpesanan baru yang dapat meningkatkan efisiensi proses transaksi bisnis. Daftar pesan yang baru menyajikan hingga 10 opsi agar pelanggan tidak perlu lagi mengetik respons secara manual," kata WhatsApp.

WhatsApp turut menghadirkan cara baru bagi pelanggan untuk memberikan tanggapan atas pengalaman yang dialami, jika pelanggan ingin memblokir suatu bisnis. "Pelanggan selalu memiliki kendali atas chat mereka," tegas WhatsApp.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X