Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkomsel Resmi Gelar Jaringan 5G di Kota Solo

Kompas.com - 03/06/2021, 15:02 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sepekan setelah meluncurkan layanan 5G komersial secara terbatas di enam wilayah Jabodetabek, operator seluler Telkomsel resmi mengekspansi layanan 5G miliknya ke Kota Solo hari ini, Kamis (3/6/2021).

Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, mengungkapkan bahwa Telkomsel ada enam lokasi di Kota Solo yang sudah bisa mencicipi jaringan 5G ini.

"Dua ada di indoor, yaitu di Grapari Solo dan cluster Balaikota Solo. Lalu ada empat lokasi lain di outdoor," kata Hendri dalam acara peluncuran yang ditayangkan di kanal YouTube Kementerian Kominfo.

Saat peluncuran hari ini, layanan 5G tersebut baru tersedia di dua lokasi indoor. Sementara empat titik lokasi lainnya akan menyusul. Kendati demikian, Hendri tidak merinci di mana empat titik tersebut.

Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dalam acara peresmian layanan 5G Telkomsel di Solo, Kamis (3/6/2021).YouTube/ KominfoTV Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dalam acara peresmian layanan 5G Telkomsel di Solo, Kamis (3/6/2021).

Baca juga: Lokasi, Harga Paket, Daftar Ponsel, dan Syarat Pemakaian Internet 5G Telkomsel

Hendri melanjutkan, layanan 5G di Solo terbilang memiliki kecepatan download dan upload yang cukup kencang."Dapat saya laporkan, kecepatan yang dihasilkan 5G di Solo cukup tinggi, yaitu sebesar 816 Mbs untuk download, dan 30 Mbps untuk upload," ungkap Hendri.

Ia berharap masyarakat Solo bisa menikmati layanan 5G Telkomsel ini, meski jangkauannya memang masih terbatas.

(dari kiri ke kanan) Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, meresmikan layanan 5G Telkomsel di Solo, Kamis (3/6/2021).YouTube/ KominfoTV (dari kiri ke kanan) Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dan Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam, meresmikan layanan 5G Telkomsel di Solo, Kamis (3/6/2021).
Selain Hendri peresmian penggelaran layanan 5G komersial perdana Telkomsel di Kota Solo ini juga dihadiri langsung oleh Komisaris Utama Telkomsel Wishnutama Kusubandio, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate, serta Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Menkominfo juga turut memberikan kata sambutan dalam peresmian layanan 5G Telkomsel di Kota Solo ini.

Johnny bercerita, dalam kunjungan kerja beberapa bulan lalu, Wali Kota Solo menyampaikan harapan agar infrastruktur telekomunikasi di Kota Solo dan wilayah sekitarnya bisa terjangkau internet cepat, khususnya 5G.

Baca juga: 5 Syarat untuk Menikmati Layanan 5G Telkomsel

"Dan syukur alhamdulillah, harapan itu direspons dengan cepat oleh Telkomsel," ungkap Johnny.

Ia melanjutkan, peresmian layanan 5G Telkomsel ini menjadikan Kota Solo sebagai kota perintis 5G di Tanah Air. Bersama-sama dengan delapan kota lainnya, seperti Batam, Medan, Solo, Bandung, Surabaya, Makassar, Denpasar, dan Balikpapan.

Johnny juga berharap, penggelaran layanan 5G ini akan mencipatakan manfaat bagi kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia, di segala aspek kehidupan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com