Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menanti Samsung Galaxy A22 5G, A52 5G, dan Note 20 Ultra 5G Masuk Indonesia

Kompas.com - 03/06/2021, 16:22 WIB
Bill Clinten,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiga smartphone anyar Samsung yang mendukung jaringan 5G kemungkinan besar bakal menyambangi pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Pasalnya, ketiga smartphone tersebut sudah lolos uji sertifikasi lolos uji Ditjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), suatu syarat yang harus dipenuhi sebelum sebuah ponsel bisa dijual di Tanah Air.

Pantauan KompasTekno di situs web Sertifikasi Postel SDPPI Kemenkominfo, Kamis (3/6/2021), ketiga perangkat tersebut adalah Galaxy A22 5G (SM-A226B), Galaxy A52 5G (SM-A526B), dan Galaxy Note 20 Ultra 5G (SM-N986B).

Selain lolos uji Ditjen SDPPI Kemenkominfo, ketiga smartphone tersebut juga lolos uji Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kemenperin, syarat lainnya yang juga harus didapatkan oleh masing-masing smartphone yang dipasarkan di Indonesia.

Baca juga: Membandingkan Spesifikasi dan Fitur Samsung Galaxy A32, A52, serta A72

Daftar ponsel 5G Samsung yang bakal masuk ke Indonesia dalam waktu dekat berdasarkan situs web Postel SDPPI Kemenkominfo.KOMPAS.com/Bill Clinten Daftar ponsel 5G Samsung yang bakal masuk ke Indonesia dalam waktu dekat berdasarkan situs web Postel SDPPI Kemenkominfo.

Berdasarkan situs web Sertifikasi TKDN Kemenperin, Galaxy A22 5G, A52 5G, dan Note 20 Ultra 5G masing-masing mengantongi nilai TKDN sebesar 35,70 persen, 38,30 persen, dan 36,20 persen.

Baca juga: Video: Komparasi Galaxy Note 20 Ultra dan Galaxy Note 10 Plus

Daftar tiga smartphone 5G Samsung yang bakal masuk Indonesia dalam waktu dekat berdasarkan situs web TKDN Kemenperin.KOMPAS.com/Bill Clinten Daftar tiga smartphone 5G Samsung yang bakal masuk Indonesia dalam waktu dekat berdasarkan situs web TKDN Kemenperin.

Di samping ketiga smartphone tersebut, situs web SDPPI dan TKDN juga kompak memampang sejumlah perangkat Samsung anyar lainnya yang hingga saat ini belum resmi di Indonesia.

Beberapa di antaranya mencakup Galaxy A22 versi "reguler" (SM-A225F), Galaxy Tab S7 FE 5G (SM-T736B), dan Galaxy M62 (SM-M625F).

Meski sudah lolos uji sertifikasi, belum ada informasi kapan beragam perangkat Samsung teranyar ini bakal diluncurkan di Indonesia.

Belum diketahui juga apakah Galaxy A22 5G, A52 5G, dan varian 5G dari Galaxy Note 20 Ultra bakal mendukung jaringan 5G dari Telkomsel yang menggunakan frekuensi 2,3 GHz (n40) atau tidak.

Baca juga: Belum Ada Smartphone yang Bisa Terkoneksi Sinyal 5G di Indonesia, Ini Penjelasannya

Terkait 5G, Head of Product Marketing IT & Mobile Samsung Electronics Indonesia, Selvia Gofar, sempat mengatakan bahwa pihaknya sedang bekerja sama dengan operator untuk mengoptimalkan ponsel 5G mereka dengan spektrum yang digunakan di Indonesia.

Selvia sendiri tidak mengatakan secara gamblang apakah ponsel 5G mereka yang sudah dipasarkan di Indonesia, mencakup trio Galaxy S21, S21 Plus, dan S21 Ultra, serta Galaxy A32 5G, sudah mendukung sinyal 5G Telkomsel atau belum.

Namun, situs web Samsung Indonesia mencantumkan bahwa keempat perangkat tersebut mendukung jaringan 5G di band n40.

Lantas, kapankan Galaxy A22 5G, A52 5G, dan Note 20 Ultra 5G bakal bergabung dengan ponsel Galaxy S21 Series 5G dan Galaxy A32 5G? Akankah turut mendukung spektrum 5G n40? Kita nantikan saja.

Baca juga: Lokasi, Harga Paket, Daftar Ponsel, dan Syarat Pemakaian Internet 5G Telkomsel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com