Bisnis Semikonduktor Raup Untung di Tengah Kelangkaan Chip

Kompas.com - 04/06/2021, 06:27 WIB
ilustrasi chip CNETilustrasi chip

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, industri teknologi diterpa krisis kelangkaan chipset yang telah berlangsung selama beberapa bulan terakhir. Kondisi ini diprediksi masih akan terjadi hingga tahun depan.

Namun, di tengah krisis dan kelangkaan, produsen chipset justru meraup untung.

Menurut laporan dari firma riset TrendForce, apabila pendapatan 10 pabrikan chipset teratas digabung, akan mendapat total pendapatan 22,75 miliar dollar AS atau sekitar Rp 324,8 triliun (kurs Rp 14.200) di kuartal I-2021. Angka ini meningkat 1 persen di bandingkan kuartal sebelumnya. 

Salah satu pemicunya adalah permintaan chipset yang meroket sejak awal pandemi Covid-19 di tahun 2020 lalu.

Sebab, banyak perusahaan yang membutuhkan perangkat penunjang kerja dari rumah dan instansi pendidikan yang menyelenggarakan sekolah dari rumah.

Belum lagi kebutuhan akan smartphone atau konsol game untuk sekadar menghibur diri di rumah selama karantina wilayah yang sempat diberlakukan di beberapa negara.

Baca juga: Ramalan Suram soal Kelangkaan Chip dari Intel dan Logitech

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walhasil, produsen perangkat meningkatkan permintaan untuk komponen semikonduktor untuk kelancaran produksi perangkat elektronik. Penjualan semikonduktor pun meningkat.

Untuk perangkat PC misalnya, penjualan komponen semikonduktor naik lebih dari 17 persen dibanding tahun 2019.

Menurut temuan TrendForce, para produsen chipset menaikan harga material wafer silikon agar tetap untung. Wafer sendiri merupakan material dasar yang digunakan untuk membuat semikonduktor.

Kenaikan harga dan tingginya permintaan inilah membuat mereka meraup untung. Dilihat dari pangsa pasar, perusahaan semikonduktor asal Taiwan TSMC menguasai pasar dengan persentase 55 persen.

Halaman:


Sumber ZDNet
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X