Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beredar, Bocoran Tampang Ponsel Gaming Bikinan Qualcomm

Kompas.com - 04/06/2021, 10:05 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 91Mobiles

KOMPAS.com - Menjelang akhir tahun lalu, beredar rumor bahwa pabrikan chip Qualcomm bakal bekerja sama dengan pembuat smartphone seri ROG Phone, Asus, untuk merancang ponsel gaming bikinannya sendiri.

Dalam perkembangan terbaru mengenai kabar ponsel gaming tersebut, muncul sejumlah gambar di laman sertifikasi ponsel asal China, TENAA, yang diduga menampilkan wujud perangkat itu dari berbagai sisi.

Baca juga: Qualcomm Snapdragon 778G Meluncur, Chip 5G dengan Kinerja Grafis Tinggi

Pengguna Twitter bernama @Tech-EdgeTE mengunggah posting berisi gambar-gambar tadi, berikut bocoran spesifikasi dari calon ponsel gaming bikinan Qualcomm dan Asus.

Meskipun disebutkan bernomor model ASUS_1007D, ponsel ini tampil beda dari perangkat-perangkat Asus pada umumnya karena di bagian punggung tertera logo Snapdragon yang merupakan merek System-on-Chip Qualcomm.

Di bagian bawah terdapat juga logo "Asus" yang mengindikasikan bahwa ponsel tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan produsen smartphone asal Taiwan itu.

Konon, Asus memiliki tugas untuk mengurus proses perancangan hardware ponsel, sementara Qualcomm berperan untuk merancang "desain industri" dan pemilihan chip yang menjadi dapur pacu sang smartphone.

Ilustrasi bagian depan (kiri0 dan belakang (kanan) perangkat yang diduga merupakan ponsel gaming Qualcomm.TENAA Ilustrasi bagian depan (kiri0 dan belakang (kanan) perangkat yang diduga merupakan ponsel gaming Qualcomm.

Selain logo Asus dan Snapdragon, di bagian punggung ponsel juga terdapat sebuah bidang persegi yang tampaknya merupakan pemindai sidik jari konvensional, berikut tiga buah kamera yang disusun segaris secara horizontal.

Baca juga: Bocoran Performa Snapdragon 888 Plus, Skor Lebih Tinggi dari Versi Biasa

Salah satu kamera belakang itu kabarnya memiliki resolusi 64 MP, sementara kamera selfie di bagian depan beresolusi 12 MP.

Ilustrasi bingkai kiri (kiri) dan kanan (kanan) perangkat yang diduga sebagai ponsel gaming Qualcomm.TENAA Ilustrasi bingkai kiri (kiri) dan kanan (kanan) perangkat yang diduga sebagai ponsel gaming Qualcomm.

Bocoran spesifikasi ponsel gaming Qualcomm

Di samping penampakan ponsel gaming yang diduga bikinan Qualcomm dan Asus, laman TENAA juga mencantumkan sejumlah spesifikasi inti perangkat ini.

Ponsel misterius tersebut dibekali dengan layar AMOLED 6,78 inci yang disinyalir memiliki refresh rate 120 Hz.  Deretan hardware di dalamnya kemungkinan mencakup SoC Snapdragon 888, RAM 16 GB, memori internal 512 GB, baterai 3.840 mAh.

Baca juga: Asus Zenfone 8 dan Zenfone 8 Flip Resmi Meluncur, Ini Harganya

Disebutkan juga bahwa ponsel tersebut menjalankan sistem operasi Android 11 dan memiliki bobot 217,7 gram dengan dimensi ketebalan 9,5 mm, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 91Mobiles, Jumat (4/6/2021).

Belum diketahui apakah informasi spesifikasi, begitu juga wujud ponsel gaming ini akurat atau tidak. Terlebih, Asus dan Qualcomm juga belum menguak informasi apapun soal perangkat yang dimaksud. Kita nantikan saja kelanjutannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber 91Mobiles


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com