Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Sebulan Diluncurkan, Laman Web Donald Trump Sudah Tutup

Kompas.com - 04/06/2021, 15:06 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bulan lalu, mantan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump meluncurkan laman web pribadinya yang berupa blog dengan nama "From the Desk of Donald J. Trump".

Laman yang nangkring di situs web www.donaldjtrump.com itu diluncurkan setelah Trump ramai-ramai diblokir oleh para perusahaan media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, Snapchat, hingga YouTube, sejak awal tahun 2021 lalu.

Namun, kiprah laman web besutan Trump ini ternyata hanya seumur jagung. Pasalnya, laman “From the Desk of Donald J. Trump” sekarang telah ditutup secara permanen dan sudah tidak lagi ditemukan di situs Donald Trump.

Baca juga: Diblokir di Media Sosial, Donald Trump Bikin Blog Pribadi

Ajudan senior Trump, Jason Miller, membenarkan ihwal penutupan situs tersebut. Miller menyebut laman "From the Desk of Donald J. Trump" tidak akan dipulihkan.

"Itu hanya tambahan untuk upaya kami yang lebih luas dan sedang kami kerjakan," kata Miller kepada CNBC, tanpa merinci lebih lanjut upaya apa yang dimaksud.

Tangkapan layar situs web baru mantan presiden AS, Donald Trump yang juga memiliki fitur e-commerce untuk berbelanja merchandise.Ist Tangkapan layar situs web baru mantan presiden AS, Donald Trump yang juga memiliki fitur e-commerce untuk berbelanja merchandise.

Di kesempatan yang berbeda, Miller membalas pertanyaan seorang jurnalis AS, Amy Tarkanian, yang menanyakan mungkinkah ditutupnya laman web Donald Trump secara permanen mengindikasikab bahwa dia akan bergabung dengan platform media sosial lain.

"Ya, tepat sekali. Nantikan saja!" jawab Miller.

Perusahaan media sosial ramai-ramai membatasi aktivitas dunia maya Donald Trump dan beberapa pendukungnya setelah dinilai memicu kericuhan besar di gedung Capitol Hill bulan Januari 2021 lalu.

Merasa tidak terima, Trump dan pendukungnya pun menuding bahwa perusahaan media sosial dinodai bias politik dan cenderung menyensor kaum konservatif.

Itulah mengapa, Trump dan tim pendukungnya meluncurkan platform alternatif, agar tetap bisa bersuara di dunia maya.

Baca juga: Akun Facebook Donald Trump Tetap Diblokir 6 Bulan ke Depan

Awalnya, Trump sesumbar akan membuat media sosial sendiri untuk menandingi media sosial yang sudah ada. Namun, tim Trump justru memperkenalkan laman "From the Desk of Donald J. Trump".

Miller pun mengklairifikasi bahwa laman "Desk" adalah "rujukan yang tepat" untuk mencari pernyataan resmi Trump.

"Tetapi ini bukan platform media sosial baru," kata Miller melalui akun Twitter dengan handle @JasonMillerDC.

Tidak diketahui alasan pasti mengapa laman tersebut akhirnya ditutup secara permanen.

Namun, menurut laporan NBCyang dihimpun KompasTekno, Kamis (3/6/2021), laman "From the Desk of Donald J. Trump" tidak sepopuler akun media sosial Trump di Twitter atau Facebook yang sangat mudah mendapatkan keterlibatan warganet (engagement).

Baca juga: YouTube Bersedia Buka Blokir Akun Donald Trump, Tapi Ada Syaratnya

Seminggu setelah diluncurkan, blog Donald Trump hanya menarik 212.000 engagement yang meliputi backlink dan interaksi sosial, seperti menyukai (like), membagikan unggahan (share), dan komentar.

Angka  ini tentu jauh lebih kecil dibanding sebuah twit atau unggahan Facebook Trump yang biasanya langsung dibanjiri ratusan hingga ribuan like dan retweet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com