Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Akun WhatsApp Segera Bisa Dipakai di Empat Perangkat

Kompas.com - 04/06/2021, 15:32 WIB
Conney Stephanie,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna WhatsApp biasanya hanya bisa menggunakan satu akun atau nomor WhatsApp untuk satu perangkat saja. Namun, dalam waktu dekat satu akun WhatsApp akan bisa dipakai di empat perangkat berbeda sekaligus.

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengonfirmasi hal tersebut. Kepada situs pembocor kenamaan, WABetaInfo, Zuckerberg membeberkan tiga fitur baru yang siap dirilis WhatsApp dalam waktu dekat, salah satunya adalah kemampuan multi-perangkat.

Zuckerberg mengatakan, dengan fitur ini, pengguna akan dapat menggunakan satu akun WhatsApp di beberapa perangkat yang berbeda.

Sebelumnya, fitur yang konon bernama "Linked Devices" ini sudah dirumorkan bakal untuk segera hadir di WhatsApp.

Zuckerberg menjelaskan bahwa fitur tersebut membutuhkan waktu untuk disempurkankan. Hal ini disebabkan adanya tantangan dari segi sinkronisasi pesan di semua perangkat yang terhubung.

Baca juga: Zuckerberg Ungkap 3 Fitur Baru WhatsApp, Meluncur dalam Waktu Dekat

Adapun perangkat yang bakal bisa terhubung sekaligus terdiri dari smartphone, tablet, atau PC (desktop/laptop).

"Ini merupakan tantangan yang besar untuk menyinkronkan semua pesan secara bersamaan, namun hal itu akan segera kami luncurkan!," kata Zuckeberg, sebagaimana dikutip KompasTekno dari WABetaInfo, Jumat (4/6/2021).

Menariknya lagi, fitur ini nantinya akan tetap bisa digunakan meski perangkat utama milik pengguna tidak terhubung dengan internet.

Dengan demikian, pemakaian WhatsApp di beberapa perangkat berbeda seperti desktop, laptop, dan ponsel lain bakal lebih mudah.

Kendati demikian, fitur ini masih dalam tahap pengembangan baik di WhatsApp versi Android, iOS, maupun desktop.

Baca juga: Pesan Suara WhatsApp Bisa Didengar Sebelum Dikirim, Begini Caranya

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Jumat (4/6/2021), WhatsApp pun belum memastikan kapan fitur ini diluncurkan secara resmi kepada publik.

Namun, CEO WhatsApp, Will Cathcart menyebut bahwa dukungan multi-perangkat ini akan hadir dalam waktu dekat tepatnya sekitar dua bulan mendatang.

Sebagai informasi, pengguna WhatsApp selama ini memang bisa menggunakan smartphone dan WhatsApp Web atau desktop secara bersamaan. Namun, untuk menggunakan WhatsApp Web, harus terhubung dengan ponsel (perangkat utama) yang tersambung ke internet terlebih dahulu.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com