iOS 15 Resmi Diperkenalkan, Ini Deretan Fitur Barunya

Kompas.com - 08/06/2021, 07:30 WIB
Ilustrasi peluncuran iOS 15. TheVergeIlustrasi peluncuran iOS 15.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Apple resmi memperkenalkan sistem operasi iOS 15 dalam acara kumpul developer tahunan Worldwide Developer Conference (WWDC) 2021 yang digelar Senin (7/6/2021) pagi waktu setempat.

Ada sejumlah pembaruan yang dibawa perusahaan rintisan Steve Jobs itu di OS terbarunya ini. Apa saja?

FaceTime

Salah satunya adalah fitur yang memungkinkan pengguna non-iOS bergabung dalam sebuah panggilan video FaceTime di ekosistem iOS.

Sebagai informasi, selama ini FaceTime sendiri hadir secara eksklusif dan hanya bisa digunakan pada perangkat Apple saja.

Pengguna non-iOS, akan dapat bergabung dengan FaceTime melalui web. Pengguna FaceTime untuk iOS akan bisa menyalin tautan (link) ruangan tersebut, mirip dengan mekanisme membagikan ruangan virtual di platform Zoom.

Tautan tersebut lantas bisa dibagikan melalui aplikasi Messages, Calendar, Mail, atau aplikasi pihak ketiga lainnya.

Baca juga: FaceTime Sudah Bisa Full HD di iOS 14.2

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Iliustrasi membuat link FaceTime.TheVerge Iliustrasi membuat link FaceTime.
Lalu, pengguna non-iOS seperti Android dan Windows bisa bergabung dalam video telekonferensi FaceTime melalui peramban (browser) Chrome atau Edge versi teranyar dengan meng-klik link undangan tadi.

FaceTime juga dibekali dengan sejumlah fitur lainnya untuk menunjang kegiatan video telekonferensi, di antaranya seperti dukungan spatial audio untuk kualitas suara mumpuni, grid view, hingga portrait mode yang bisa memburamkan latar belakang video.

Ada pula fitur SharePlay yang memungkinkan pengguna mendengarkan atau menonton beragam konten melalui berbagai aplikasi pihak ketiga, seperti Disney+, Hulu, HBO Max, TikTok, NBA, Twitch, dan lain sebagainya langsung dari FaceTime.

Messages

Ilustrasi fitur Focus.9to5Mac Ilustrasi fitur Focus.
Apple turut memperbarui aplikasi Messages di iOS 15. Pengguna iOS 15 akan lebih mudah berkirim konten ke pengguna lainnya, seperti News hingga Photos melalui fitur Shared Stacks.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X