Apple Perkenalkan iPadOS 15, Bawa Fitur dari iOS 14

Kompas.com - 08/06/2021, 09:06 WIB
Pembaruan iPadOS 15. TechRadarPembaruan iPadOS 15.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Selain iOS 15, Apple turut memperkenalkan iPadOS 15 dalam ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) 2021. iPadOS 15 dibekali dengan sejumlah fitur baru yang absen di iPadOS 14, namun, hadir di iOS 14.

Salah satu fitur baru yang hadir adalah Widget di tampilan utama (home screen) yang kini bisa dipindahkan ke berbagai penjuru layar. 

Lalu, ada juga beberapa widget terbaru yang bisa pengguna pakai, salah satunya adalah widget Find My yang bisa digunakan untuk mencari berbagai perangkat Apple yang dimiliki pengguna langsung dari home screen.

Kemudian, fitur App Library yang sebelumnya diperkenalkan di iOS 14 juga kini tersedia di iPadOS 15.

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa dengan mudah merapikan berbagai aplikasi yang terpasang di perangkat mereka berdasarkan kategori.

Selanjutnya, ada fitur Quick Note yang bisa digunakan untuk mencatat berbagai informasi penting di berbagai situasi mendesak. Fitur ini bisa diakses dengan mudah dengan melakukan swipe up di ujung kanan home screen.

Baca juga: Tanda-tanda iPad Pro 2021 Segera Dijual di Indonesia

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi fitur Quick Note.TheVerge Ilustrasi fitur Quick Note.
Apple juga memperbarui aplikasi Notes yang kini bisa dipakai untuk me-mention pengguna Apple lainnya, begitu juga menandai (tag) berbagai topik yang penting, mirip seperti kemampuan yang dimiliki Google Docs.

Ada pula aplikasi Translate yang kini hadir di iPadOS 15, serta fitur Auto Translate yang bisa digunakan untuk menerjemahkan berbagai teks berbahasa asing.

Tak ketinggalan, Apple turut meningkatkan dan memperbarui dukungan multitasking, serta Universal Control untuk menunjang produktivitas pengguna iPadOS 15.

Selain beberapa fitur di atas, iPadOS 15 juga hadir dengan pembaruan yang sama dengan iOS 15, seperti dukungan membuat tautan (link) FaceTime, menikmati konten melalui panggilan FaceTime dengan SharePlay, dan berbagai fitur baru lainnya.

Baca juga: iPad dan iMac Bakal Jadi Barang Langka

iPadOS 15 versi developer preview sudah bisa dijajal oleh para pengembang di situs web developer.apple.com, sedangkan versi public beta akan meluncur bulan depan.

Rencananya, iPadOS 15 bakal dirilis ke pengguna umum sekitar bulan September atau Oktober, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TechRadar, Selasa (8/6/2021).

Adapun perangkat yang mendukung mencakup iPad mini 4 ke atas, iPad Air 2 ke atas, iPad generasi ke-5 ke atas, dan seluruh model iPad Pro.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X