Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Rilis MacOS Monterey, Bisa Nyambung dengan iOS

Kompas.com - 08/06/2021, 11:32 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Apple memperkenalkan MacOS versi terbarunya yang diberi nama MacOS Monterey. Sistem operasi PC/laptop Apple terbaru ini diumumkan dalam acara Worldwide Developer Conference (WWDC 2021) yang digelar secara virtual, Selasa (8/6/2021) dini hari tadi.

Apple masih melanjutkan tradisi untuk menyematkan nama sebuah landmark untuk sistem operasi MacOS buatannya, seperti halnya MacOS BigSur dan Catalina.

Sedikit informasi, Monterey merupakan salah satu obyek wisata pantai yang dikelilingi oleh bebatuan di California, Amerika Serikat. Lokasinya tepat berada di pantai tengah California.

Baca juga: iOS 15 Resmi Diperkenalkan, Ini Deretan Fitur Barunya

Pada versi MacOS Monterey, Apple memperbarui sejumlah fitur, salah satu yang paling mencolok adalah kemampuan interoperabilitas dengan iOS, seperti berbagi keyboard dan mouse antara perangkat Mac dan iPad.

Fitur ini memungkinkan pengguna dapat menghubungkan (pair) keyboard dan mouse dengan dua perangkat sekaligus. Pengguna bisa menggeser kursor mouse secara langsung dari Mac ke iPad, seperti saat hendak copy-paste konten.

Apple juga memungkinkan perangkat Mac dapat berperan sebagai sarana AirPlay, apabila pengguna ingin menggunakan layar dan speaker Mac untuk memutar konten audip/video dari iPhone, iPad, atau perangkat Mac lainnya.

Baca juga: Apple Perkenalkan iPadOS 15, Bawa Fitur dari iOS 14

Tampilan MacOS MontereyApple Insider Tampilan MacOS Monterey

MacOS Monterey juga dilengkapi aplikasi otomatisasi Shortcuts yang sebelumnya hadir di iPhone. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengatur perintah atau mengaktifkan tugas tertentu secara otomatis, dengan sekali tekan tombol.

Baca juga: Pertama Kali, Komputer ChromeOS Lebih Laris Dibanding MacOS

Kini pengguna bisa mengakses Shortcuts di mana saja, termasuk di Spotlight, menu bar, bahkan ketika menggunakan asisten Siri.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (8/6/2021), peramban (browser) Safari turut mendapat pembaruan desain, di mana tab dan Address Bar dapat bergerak di dalam satu kolom yang sama.

Jika pengguna menggeser tab ke samping kanan atau kiri, nantinya tampilan isi tab seolah seperti "mengambang" layaknya desain yang diterapkan pada browser Firefox versi terbaru.

Selain itu, Apple juga turut memperkenalkan grup tab di dalam browser. Grup tab ini dapat disinkronkan antara perangkat Mac dan iOS.

Belum diketahui kapan MacOS Monterey mulai tersedia secara umum. Bagi Anda yang tidak sabar ingin mencobanya, Anda bisa mengunjungi situs Apple khusus untuk para pengembang di tautan berikut ini.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com