Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Facetime Bakal Bisa Dicicipi Pengguna Android dan Windows

Kompas.com - 08/06/2021, 13:16 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Selama ini, fitur panggilan video buatan Apple, FaceTime hanya bisa digunakan secara eksklusif oleh pengguna produk Apple saja. Kini, fitur FaceTime juga akan bisa dicicipi pengguna Android maupun Windows.

Hal itu dipastikan Apple dalam acara Worldwide Developers Conference yang berlangsung dini hari tadi waktu Indonesia. Apple mengatakan, fitur FaceTime akan bisa diakses via web dari platform non-iOS dan MacOS.

Pengguna FaceTime di perangkat Apple nantinya akan dapat membuat tautan undangan untuk dibagikan ke peserta, mirip dengan fitur yang ada di platform video konferensi lain.

Nah, pengguna Android dan Windows dapat bergabung dalam panggilan FaceTime melalui tautan tersebut yang dibuka lewat browser.

Dengan demikian, fungsi FaceTime akan lebih mirip dengan aplikasi video konferensi lain, semisal Google Meet atau Zoom. Selain itu, Apple juga memperbarui tampilan FaceTime yang agaknya lebih mirip Zoom.

Apple juga membocorkan fitur-fitur baru FaceTime lain, seperti opsi grid terbaru, fitur isolasi suara yang bisa meningkatkan kualitas suara, dukungan audio spasial, dan opsi untuk membuat efek bokeh di latar belakang dengan "mode portrait".

Baca juga: iOS 15 Resmi Diperkenalkan, Ini Deretan Fitur Barunya

Fitur yang terakhir disebut akan lebih memudahkan pengguna, ketimbang harus repot-repot memilih atau membuat background saat melakukan panggilan video. Selain itu, ada juga fitur yang diberi nama SharePlay.

Fitur ini memungkinkan peserta lain untuk mendengar musik atau nonton bareng secara bersamaan dengan lebih mudah. Para peserta bisa mendengarkan lagu bersama, menonton video atau film, serta membagikan layar.

Beberapa mitra digandeng Apple untuk mendukung fitur ini, di antaranya adalah platform video on demand Disney Plus, Hulu, HBO Max, Twitch, Apple Music, dan tentu saja Apple TV Plus.

Mungkin saja, Apple mempertimbangkan banyak orang yang akhirnya nonton bareng dan konser secara virtual selama pandemi. Sehingga fitur SharePlay akan sangat berguna untuk memudahkan aktivitas hiburan virtual tersebut.

Fitur ini juga menunjukan bahwa Apple seakan ingin menjadikan FaceTime sebagai tempat "nongkrong" virtual, bukan hanya sekadar alat komunikasi tatap muka virtual biasa seperti selama ini.

Baca juga: FaceTime Sudah Bisa Full HD di iOS 14.2

Namun, dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (8/6/2021), Apple belum mengumumkan kapan FaceTime ini akan dapat dinikmati pengguna Android dan Windows.

Kemungkinan, Apple menggulirkan fitur FaceTime versi web berbarengan dengan perilisan iOS 15 pada musim gugur di AS atau sekitar September hingga November 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com