Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memotret dengan Kamera "Mikroskop" Oppo Find X3 Pro 5G, Begini Hasil Jepretannya

Kompas.com - 08/06/2021, 14:02 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Find X3 Pro 5G adalah ponsel anyar dari Oppo yang baru saja dihadirkan di Indonesia. Smartphone ini merupakan penerus dari flagship terdahulu, Find X2 Pro keluaran tahun lalu.

Oppo menerapkan sejumlah peningkatan di Find X3 Pro 5G. Selain konektivitas 5G, material premium, dan dapur pacu lebih bertenaga, Find X3 Pro 5G juga memiliki rangkaian kamera yang bisa dibilang lebih lengkap dan lebih canggih dari pendahulunya.

Kamera belakangnya ada empat buah, tiga di antaranya adalah kamera utama 50 MP (f/1.8) PDAF, kamera ultra wide 50 MP (f/2.2, PDAF) dengan sensor Sony IMX766, dan kamera telephoto 13 MP dengan lensa periskop (f/2.4, 5x optical zoom, 20x digital zoom).

Baca juga: Oppo Find X3 Pro 5G Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Selain itu, ada kamera "mikroskop" beresolusi 3 MP (f/3.0) yang unik. Fungsinya mirip kamera macro, tapi dengan pembesaran lebih tinggi. Oppo mengklaim tingkat magnifikasi mencapai 60x, jauh lebih besar dibandingkan kamera macro pada umumnya.

Ketika dijajal oleh , kamera microscope ini memang bisa menyingkap detil aneka obyek foto berukuran kecil yang biasanya luput dari pandangan karena terlalu mungil.

Tangkapan layar kamera mkroskop saat memotret selembar kain. Serat-serat benang kain tampak jelas.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Tangkapan layar kamera mkroskop saat memotret selembar kain. Serat-serat benang kain tampak jelas.

Serat-serat benang yang saling menyilang dalam kain, misalnya, bisa ditangkap dengan jelas. Begitupun dengan helai-helai rambut yang terlihat besar seperti batang pohon dalam pandangan kamera microscope Find X3 Pro 5G.

Meskipun begitu, membidik obyek dengan kamera mikroskop ini agak sulit karena tingkat magnifikasi yang besar membuat tiap goyangan kecil menjadi sangat kentara.

Karena ruang tajam yang sempit, fokus yang pas juga sulit didapat. Butuh berkali-kali jepretan untuk mendapat hasil yang sesuai keinginan.

Selain kamera mikroskop untuk menangkap gambar obyek berukuran sangat kecil, tiga kamera lain di Find X3 Pro 5G bisa mengakomodir berbagai keperluan penggunanya untuk memotret aneka jenis obyek

Kamera ultrawide dapat digunakan untuk pemandangan atau interior, sementara kamera telephoto dengan lensa periskop menyediakan zoom optis hingga 5x. Ada fasilitas zoom digital hingga 20x, tapi hasilnya tak sebagus optical zoom.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo Find X3 Pro 5G di Indonesia

Sementara itu, kamera depan Find X3 Pro 5G yang termuat di dalam punch hole beresolusi 32 MP (f/2.4). Oppo turut menyematkan fitur beautification dan mode portrait untuk mempercantik foto selfie.

Hasil jepretan selengkapnya dari kamera Oppo Find X3 Pro dapat dilihat dalam rangkaian foto di tautan berikut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com