Memotret dengan Kamera "Mikroskop" Oppo Find X3 Pro 5G, Begini Hasil Jepretannya

Kompas.com - 08/06/2021, 14:02 WIB
Modul kamera belakang Oppo FInd X3 Pro. Kompas.com/Wahyunanda KusumaModul kamera belakang Oppo FInd X3 Pro.

KOMPAS.com - Find X3 Pro 5G adalah ponsel anyar dari Oppo yang baru saja dihadirkan di Indonesia. Smartphone ini merupakan penerus dari flagship terdahulu, Find X2 Pro keluaran tahun lalu.

Oppo menerapkan sejumlah peningkatan di Find X3 Pro 5G. Selain konektivitas 5G, material premium, dan dapur pacu lebih bertenaga, Find X3 Pro 5G juga memiliki rangkaian kamera yang bisa dibilang lebih lengkap dan lebih canggih dari pendahulunya.

Kamera belakangnya ada empat buah, tiga di antaranya adalah kamera utama 50 MP (f/1.8) PDAF, kamera ultra wide 50 MP (f/2.2, PDAF) dengan sensor Sony IMX766, dan kamera telephoto 13 MP dengan lensa periskop (f/2.4, 5x optical zoom, 20x digital zoom).

Baca juga: Oppo Find X3 Pro 5G Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Selain itu, ada kamera "mikroskop" beresolusi 3 MP (f/3.0) yang unik. Fungsinya mirip kamera macro, tapi dengan pembesaran lebih tinggi. Oppo mengklaim tingkat magnifikasi mencapai 60x, jauh lebih besar dibandingkan kamera macro pada umumnya.

Ketika dijajal oleh , kamera microscope ini memang bisa menyingkap detil aneka obyek foto berukuran kecil yang biasanya luput dari pandangan karena terlalu mungil.

Tangkapan layar kamera mkroskop saat memotret selembar kain. Serat-serat benang kain tampak jelas.Kompas.com/Wahyunanda Kusuma Tangkapan layar kamera mkroskop saat memotret selembar kain. Serat-serat benang kain tampak jelas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Serat-serat benang yang saling menyilang dalam kain, misalnya, bisa ditangkap dengan jelas. Begitupun dengan helai-helai rambut yang terlihat besar seperti batang pohon dalam pandangan kamera microscope Find X3 Pro 5G.

Meskipun begitu, membidik obyek dengan kamera mikroskop ini agak sulit karena tingkat magnifikasi yang besar membuat tiap goyangan kecil menjadi sangat kentara.

Karena ruang tajam yang sempit, fokus yang pas juga sulit didapat. Butuh berkali-kali jepretan untuk mendapat hasil yang sesuai keinginan.

Selain kamera mikroskop untuk menangkap gambar obyek berukuran sangat kecil, tiga kamera lain di Find X3 Pro 5G bisa mengakomodir berbagai keperluan penggunanya untuk memotret aneka jenis obyek

Kamera ultrawide dapat digunakan untuk pemandangan atau interior, sementara kamera telephoto dengan lensa periskop menyediakan zoom optis hingga 5x. Ada fasilitas zoom digital hingga 20x, tapi hasilnya tak sebagus optical zoom.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo Find X3 Pro 5G di Indonesia

Sementara itu, kamera depan Find X3 Pro 5G yang termuat di dalam punch hole beresolusi 32 MP (f/2.4). Oppo turut menyematkan fitur beautification dan mode portrait untuk mempercantik foto selfie.

Hasil jepretan selengkapnya dari kamera Oppo Find X3 Pro dapat dilihat dalam rangkaian foto di tautan berikut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.