Begini Wujud Ponsel Samsung yang Bisa Dilipat Tiga

Kompas.com - 08/06/2021, 14:32 WIB
Ilustrasi Samsung User reuters.comIlustrasi Samsung User
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Samsung adalah salah satu pelopor tren ponsel lipat atau foldable phone yang telah menelurkan sejumlah perangkat jenis tersebut.

Ke depan, ponsel lipat Samsung agaknya bakal makin beragam. Baru-baru ini pabrikan asal Korea Selatan tersebut diketahui telah mematenkan sebuah foldable phone dengan mekanisme layar yang bisa dilipat dalam tiga bagian.

Paten itu diajukan Samsung kepada Organiasasi Hak Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) China pada November 2020 lalu. Paten tersebut kemudian dirilis oleh WIPO pada 3 Juni 2021.

Baca juga: Tanda-tanda Google Siapkan Ponsel Layar Lipat

Jika dilihat dari desainnya, bagian muka ponsel tersebut sepintas tampak mirip seperti ponsel Galaxy Z Fold 2 yang diluncurkan Samsung pada Agustus 2020 lalu. Hanya saja, alih-alih hanya satu, ada dua engsel yang menyatukan tiga bagian layar.

Paten tersebut juga memperlihatkan bahwa layar ponsel bisa dibentangkan secara horizontal sehingga bentuk perangkat tampak seperti sebuah tablet. Mekanisme lipatannya pun sama dengan Samsung Galaxy Z Fold 2.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Paten ponsel layar lipat Samsungphonearena.com Paten ponsel layar lipat Samsung

Paten ini juga memamerkan wujud ponsel dari segala sisi. Di bagian punggung misalnya, terdapat tiga kamera belakang yang disusun secara vertikal.

Sementara di bagian depan, ponsel dalam rancangan paten tersebut memiliki bezel yang tipis dan sebuah punch-hole atau lubang untuk menampung kamera selfie yang terletak di pojok kanan atas layar.

Samsung nampaknya juga akan menambahkan modul kamera lain yang ditempatkan di salah satu engsel layar, mirip seperti yang diperlakukan Huawei pada ponsel lipat Mate XS buatannya.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Senin (7/6/2021), di bagian sisi kanan layar terdapat modul speaker dan port  USB Type-C.

Baca juga: Samsung Pamer Layar Ponsel Lipat Generasi Baru

Menariknya, paten ini juga menunjukkan bahwa engsel layar dapat disesuaikan ke sudut mana pun sesuai keinginan pengguna. Dengan mengaktifkan mode DeX, perangkat ini disinyalir bisa dilipat layaknya tampilan desktop.

Belum dapat dipastikan apakah desain tersebut akan benar-benar direalisasikan Namun, pada Mei lalu, Samsung sempat memamerkan rancangan serupa dalam sebuah video sehingga ada kemungkinan perangkat tersebut bakal terwujud.



Sumber phonearena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.