Indosat Selesai Uji Kelayakan 5G, Komersialisasi Sebentar Lagi?

Kompas.com - 09/06/2021, 12:02 WIB
 Logo Indosat Ooredoo (DOK. Indosat) Logo Indosat Ooredoo

KOMPAS.com - Operator seluler Indosat Ooredoo disebut telah menyelesaikan tahap Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia.

Hal itu disampaikan Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Dedy Permadi. Menurut dia, proses tersebut sudah rampung sekitar minggu lalu.

"Indosat telah melaksanakan ULO 5G di pita frekuensi 1.800 MHz, pada tgl 3-4 Juni 2021," kata Dedy ketika dihubungi KompasTekno, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: Ponsel Sudah Dukung 5G Telkomsel, Kenapa Belum Bisa Digunakan?

"Kominfo sedang memproses Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) yang akan dikeluarkan oleh Dirjen PPI atas nama Menteri Kominfo," imbuh Dedy tanpa menyebutkan kapan SKLO untuk Indosat akan diterbitkan.

Namun Dedy tidak menyebut secara gamblang apakah Indosat lolos ULO 5G atau tidak. Ia hanya mengatakan bahwa pengumuman tersebut bakal disampaikan ketika SKLO untuk jaringan 5G Indosat resmi dirilis.

Di kesempatan terpisah, pihak Indosat tidak berkata banyak. SVP Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo, Steve Saerang hanya mengatakan bahwa pihaknya terus bekerja sama dengan Kominfo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saat ini Indosat Ooredoo terus berkordinasi intensif dengan Kemenkominfo untuk seluruh proses ULO 5G," ujar Steve ketika dihubungi KompasTekno.

Sebelum Indosat, operator seluler Telkomsel telah melaksanakan ULO 5G terlebih dahulu pada 19 - 21 Mei 2021 lalu, dan dinyatakan lolos pada 24 Mei 2021.

Baca juga: Belum Ada Smartphone yang Bisa Terkoneksi Sinyal 5G di Indonesia, Ini Penjelasannya

Tak lama kemudian, Telkomsel meluncurkan jaringan 5G secara komersil dan terbatas di beberapa wilayah pada 27 Mei 2021 dan sekaligus merupakan operator pertama di Indonesia yang menggelar jaringan 5G secara publik. 

Wajib ULO 5G

Jaringan 5G Telkomsel di ponsel Oppo Reno5 5G.Oppo Indonesia Jaringan 5G Telkomsel di ponsel Oppo Reno5 5G.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.