Laptop Samsung Kembali Hadir di Indonesia, Chromebook 4 Jadi Debut

Kompas.com - 10/06/2021, 09:35 WIB
Samsung Chromebook 4. Samsung IndonesiaSamsung Chromebook 4.

KOMPAS.com - Samsung kembali menghadirkan produk laptop di Indonesia setelah "puasa" cukup lama. Produk komputer jinjing buatan Samsung terakhir di Indonesia tercatat dirilis pada 2014 silam.

Samsung memilih laptop chromebook sebagai debut kembalinya di Indonesia. Samsung resmi mengumumkan kehadiran laptop Chromebook 4 di Indonesia pada Rabu (9/6/2021).

IT & Mobile B2B Business Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Lukman Basuki mengatakan, kehadiran perangkat ini merupakan bentuk upaya Samsung dalam mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) di rumah.

"Samsung Chromebook 4 menyajikan pengalaman Chrome OS yang sederhana, cepat, dan seamless, mengoptimalkan teknologi cloud untuk mendukung sistem belajar mengajar yang inovatif dan kolaboratif," ujar Lukman dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Kamis (10/6/2021).

Dari segi spesifikasi, Samsung Chromebook 4 hadir dengan dimensi 287,9 x 202,3 x 16,7 mm, bobot 1,18 kg, dan ketebalan yang mencapai 16,7 mm.

Samsung Chromebook 4 memiliki layar seluas 11,6 inci dengan resolusi HD (1.366 x 768 piksel). Samsung Chromebook 4 turut dilengkapi dengan kamera HD 720p dan speaker stereo untuk menunjang kegiatan PJJ atau rapat online.

Baca juga: Zyrex Rilis 2 Laptop Chromebook Baru di Indonesia, Bisa untuk Belajar Online

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Samsung Chromebook 4 hadir dalam varian warna Platinum Titan.Samsung Indonesia Samsung Chromebook 4 hadir dalam varian warna Platinum Titan.
Di bagian dapur pacu, Samsung mengandalkan prosesor Intel Celeron Processor N4020 dengan pengolah grafis Intel UHD Graphics 600, RAM 4 GB LPDDR4, dan penyimpanan eMMC 32 GB.

Samsung Chromebook 4 menjalankan sistem operasi Chrome OS yang diklaim dapat mempercepat akses ke sejumlah aplikasi, termasuk cloud database.

Guru dan siswa diklaim akan menikmati kolaborasi yang lancar dalam pendistribusian dan pengelolaan tugas melalui layanan Google seperti Classroom, Gmail, Meet, hingga Google Drive.

Baca juga: Google Luncurkan Pixelbook Go, Laptop Chromebook Murah

Sementara pada sektor daya, laptop ini ditenagai baterai 39 Wh yang diklaim dapat bertahan hingga 12,5 jam untuk pemakaian browsing, video conference, atau streaming video.

Selain mampu memberikan akses yang cepat, Lukman mengatakan bahwa Samsung Chromebook 4 memiliki ketahanan yang cukup tinggi.

Laptop ini bahkan sudah memenuhi standar military-grade (Mil-STD-810G) yang telah diuji mencakup transit drop, getaran, suhu tinggi, serta perubahan suhu ekstrim.

Kendati demikian, Samsung belum mengungkap harga jual Chromebook 4 ini di Indonesia.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.