BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Heboh Teknologi 5G, Berikut Ragam Inovasi Smartphone Flagship untuk Menyambut Era 5G

Kompas.com - 10/06/2021, 10:01 WIB
Alek Kurniawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com – Dunia teknologi saat ini tengah dihebohkan dengan kehadiran jaringan fifth generation atau akrab dikenal 5G. Terlebih, beberapa provider di Indonesia sedang berlomba-lomba menghadirkan jaringan 5G terbaik.

Tak hanya provider internet saja, beberapa produsen smartphone pun gencar meluncurkan ponsel terbaru mereka untuk mendukung penggunaan jaringan 5G. Bisa dibilang, smartphone  dengan jaringan 5G merupakan inovasi terbaru yang kian memudahkan aktivitas sehari-hari banyak orang.

Selain inovasi jaringan 5G, pada dasarnya, masih banyak ragam inovasi smartphone lainnya yang tak kalah canggih. Simak ulasan berikut untuk mengetahuinya.

1. Kamera berkualitas layaknya kamera profesional

Teknologi kamera pada ponsel kini jauh lebih berkembang dibandingkan pada saat baru pertama kali diluncurkan. Bahkan, banyak produsen smartphone menyematkan dua hingga empat lensa sekaligus dalam satu ponsel.

Selain itu, beberapa smartphone juga menggunakan ragam teknologi yang membuat kualitas kamera ponsel setara dengan kamera profesional.

Baca juga: Memotret dengan Kamera Mikroskop Oppo Find X3 Pro 5G, Begini Hasil Jepretannya

Terbaru, ada produsen smartphone yang menyematkan dua kamera utama untuk dapat menangkap satu miliar warna dan menghasilkan jepretan foto yang lebih nyata.

Adapun beberapa fitur yang dihadirkan meliputi flash snapshot, artificial intelligence (AI) highlight video, AI scene enhancement, AI palettes, dual-view video, dan kamera supermakro dengan kemampuan mikroskopis.

Hasil tangkapan mikroskopis dari kamera makro tersebut bisa menghasilkan gambar secara jelas hingga detail terkecil.

Hasil tangkapan mikroskopis dari kamera makro Oppo Find X3 Pro 5G yang bisa menghasilkan gambar secara jelas hingga detail terkecil.DOK. OPPO Hasil tangkapan mikroskopis dari kamera makro Oppo Find X3 Pro 5G yang bisa menghasilkan gambar secara jelas hingga detail terkecil.

2. Layar dengan satu miliar warna

Saat kali pertama diperkenalkan pada masyarakat, layar ponsel hanya dapat menampilkan dua warna, yakni hitam dan putih. Namun, seiring waktu berjalan dan perkembangan teknologi yang kian pesat, layar pada ponsel hadir lebih canggih.

Ponsel pintar masa kini bahkan telah menyematkan teknologi layar super-realistis yang mampu menampilkan satu miliar warna.

Smartphone pertama di dunia yang menyematkan teknologi tersebut adalah Oppo Find X3 Pro 5G. Untuk mendukung teknologi layar super-realistis, Oppo menggunakan layar organic light emitting diode (layar OLED) seluas 6,7 inci dengan resolusi 3216 x 1440 quad high definition plus (QHD+).

Baca juga: Oppo Find X3 Pro 5G, Smartphone Futuristik dengan 1 Miliar Warna Siap Unggul di Kelas Smartphone Flagship Indonesia

Selain itu, layar smartphone flagship Oppo terbaru ini juga didukung teknologi high dynamic range (HDR) 10+ dengan refresh rate 120 Hz. Dengan teknologi tersebut, smartphone flagship ini bisa menghasilkan visual layar sebening kristal dan memiliki tingkat kontras serta akurasi warna yang tinggi.

Visual pun dapat ditampilkan secara mulus tanpa memboroskan daya, baik saat bermain game atau streaming film favorit.

3. Inovasi mobile gaming sekelas PC

Hampir sebagian besar ponsel yang diproduksi bisa digunakan untuk bermain game. Bedanya, game yang ada di setiap smartphone dari masa ke masa selalu mengalami perkembangan.

Smartphone pada masa kini, misalnya, mampu menghadirkan pengalaman gaming layaknya bermain di personal computer (PC). Kecanggihan itu tak lepas dari prosesor andal yang disematkan pada smartphone tersebut.

Dari segi kecanggihan, prosesor Qualcomm Snapdragon 888 mobile platform disinyalir menjadi salah satu yang terdepan untuk urusan gaming. Pasalnya, Snapdragon 888 dilengkapi dengan konektivitas 5G sehingga grafis yang ditampilkan menjadi lebih jernih.

Chipset Snapdragon 888 yang tertaman pada smartphone Oppo Find X3 Pro 5G pun mampu memberikan performa game yang mulus dan kualitas grafik HDR tertinggi yang hampir sama dengan kemampuan komputer.

4. Pengisian daya cepat

Mobilitas yang kian tinggi membuat banyak orang memilih smartphone berteknologi pengisian daya cepat. Selain lebih efisien dari segi waktu, teknologi tersebut juga menghadirkan efektivitas dari segi penghematan daya.

Tak hanya itu, kini beberapa produsen smartphone sudah membekali fitur wireless charging untuk pengisian daya baterai yang lebih cepat dan praktis.

Baca juga: Oppo Find X3 Pro 5G Resmi Meluncur di Indonesia, Ini Harganya

Produsen Oppo, misalnya, menghadirkan pengisian daya nirkabel AirVOOC 30W pada Oppo Find X3 Pro 5G. Lewat fitur ini, daya ponsel dapat terisi tanpa perlu menghubungkan dengan perangkat charger. Pengisian dayanya pun tergolong cepat, yakni cuma butuh waktu 80 menit untuk mengisi baterai dari kosong hingga penuh.

Smartphone yang diluncurkan pada Kamis (3/6/2021) itu juga dibekali teknologi SuperVOOC 2.0 flash charging dengan baterai 4.500 miliampere hour (mAh). Dengan inovasi tersebut, Oppo Find X3 Pro 5G dapat melakukan pengisian daya baterai hingga 40 persen hanya dalam 10 menit.

5. Jaringan tercepat

Terakhir, ada inovasi teknologi jaringan 5G. Jaringan 5G disinyalir menjadi jaringan supercepat yang mampu mengunduh file berukuran 1 gigabyte (GB) hanya dalam waktu 40 detik.

Dengan kecepatan itu, beragam aktivitas seperti kegiatan belajar di rumah, bekerja, bermain game, streaming film, hingga melakukan video call dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Saat ini, sejumlah produsen smartphone sudah meluncurkan ponsel yang bisa memanfaatkan jaringan 5G. Salah satunya, Oppo dengan produk terbarunya, Oppo Find X3 Pro 5G.

Untuk mendukung teknologi layar super-realistis, Oppo menggunakan layar layar OLED seluas 6,7 inci dengan resolusi 3216 x 1440 QHD+. DOK. OPPO Untuk mendukung teknologi layar super-realistis, Oppo menggunakan layar layar OLED seluas 6,7 inci dengan resolusi 3216 x 1440 QHD+.

Sebagai informasi, smartphone flagship dengan Full-path Color Management System pertama di dunia tersebut dihadirkan secara terbatas di Indonesia. Selain memiliki konektivitas 5G dan layar canggih dengan satu miliar warna, Oppo Find X3 Pro 5G juga memiliki fitur lain yang tak kalah apik.

Dari segi kamera, Oppo Find X3 Pro 5G menghadirkan empat lensa sekaligus. Pertama, kamera depan yang terletak di kiri atas layar yang dihiasi dengan lubang punch-hole. Kamera ini memiliki resolusi 32 MP.

Sementara itu, kamera belakang terdiri dari dua kamera utama, yaitu kamera 50 MP dan kamera ultrawide 50 MP yang dilengkapi dengan kamera periskop 13 MP serta kamera mikroskop 3 MP. Untuk diketahui, kamera mikroskop tersebut memiliki perbesaran hingga 60 kali.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga Oppo Find X3 Pro 5G di Indonesia

Perihal performa, Oppo Find X3 Pro 5G menggunakan prosesor teranyar Qualcomm, yakni Snapdragon 888. Seperti telah disebutkan, prosesor ini memiliki kemampuan canggih yang menjadikannya sebagai tolok ukur perangkat smartphone flagship pada 2021.

Dengan kecanggihan yang ditawarkan, pengguna dapat menikmati pengalaman yang immersive, mulai dari fotografi kelas profesional, multitasking yang lancar dan halus, hingga performa gaming yang mulus.

Oppo Find X3 Pro 5G tersedia terbatas dan bisa didapatkan melalui sistem preorder mulai 3-18 Juni 2021 dengan harga Rp 15.999.000. DOK. OPPO Oppo Find X3 Pro 5G tersedia terbatas dan bisa didapatkan melalui sistem preorder mulai 3-18 Juni 2021 dengan harga Rp 15.999.000.

Oppo Find X3 Pro 5G tersedia dengan pilihan warna gloss black dan blue. Unit yang tersedia pun terbatas dan Anda bisa melakukan pembelian melalui sistem preorder mulai 3-18 Juni 2021 dengan harga Rp 15.999.000.

Dapatkan juga penawaran khusus berupa bonus Oppo Enco X dan 45W AirVOOC Wireless Charger senilai Rp 3.500.000 jika membeli di Erafone, Eraspace, serta e-commerce Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com