Sony Luncurkan Drone Pertama Airpeak S1 Pesaing DJI

Kompas.com - 10/06/2021, 11:37 WIB
Sony Airpeak 1. SonySony Airpeak 1.

KOMPAS.com - Pada November 2020 lalu, Sony telah mengumumkan akan terjun ke bisnis drone dengan mengusung merek "Airpeak". Setelah dinanti, pabrikan elektronik Jepang itu akhirnya meluncurkan drone Airpeak pertamanya, bernama Airpeak S1.

Drone Airpeak S1 hadir dengan sejumlah spesifikasi unggul yang ditujukan untuk pembuatan film profesional, dan diklaim mampu mengalahkan drone dari produsen terkemuka, DJI dari segi kegesitan dan kekuatan terhadap hempasan angin di udara.

Salah satu fitur unggulan Airpeak S1 ialah soal kecepatannya. Airpeak S1 disebutkan dapat melesat dari 0 hingga 75 km/jam hanya dalam waktu 3,5 detik saja. Itu lebih kencang 1,5 detik dibandingkan akselerasi drone cepat DJI, Insipire 2.

Baca juga: Samsung Kirim Smartphone ke Pembeli Pakai Drone

Airpeak S1 yang berbobot 2,53 kg ini juga dijanjikan dapat tetap terbang secara lincah hingga kecepat tertingginya 90 km/jam.

Selain itu, drone model pertama dari Airpeak ini diklaim tetap akan terbang stabil dalam kecepatan angin 70 km/jam. Ini menjadikan drone Airpeak S1 dua kali lebih kuat dibandingkan drone DJI Insipre 2.

Airpeak S1 juga turut dibekali lima kamera stereo, dua sensor inframerah, serta diotaki prosesor Vision Sensing. Kombinasi kamera stereo dan prosesor dijanjikan akan memberikan gambaran spasial 3D yang nyata.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di samping itu, lima kamera stereo pada Airpeak 1 juga memungkinkan drone bisa menghindari halangan, mengenali obyek terbang lain, dan melakukan navigasi secara mandiri di antara gedung-gedung, tanpa campur tangan operator manusia.

Sebagaimana dihimpun dari laman resmi Sony, Airpeak S1 diklaim Sony sebagai drone terkecil di kelasnya, namun tetap mampu membawa muatan hingga 2,5 kg. Artinya drone ini kompatibel dengan kamera mirrorless full frame seri Alpha milik Sony.

Baca juga: Peneliti Malaysia Bikin Drone dari Daun Nanas

Drone ini disebutkan dapat terbang selama 22 menit tanpa muatan, dan selama 12 menit dengan muatan seperti kamera mirrorless Alpha 7S III.

Drone Airpeak S1 dipasangi kamera mirrorless Sony AlphaAirpeak Drone Airpeak S1 dipasangi kamera mirrorless Sony Alpha

Di samping itu, karena ditujukan untuk pembuatan film profesional, Airpeak S1 juga dibekali dengan fitur pendukung aplikasi Airpeak Flight, dan layanan cloud bernama Airpeak Plus.

Halaman:


Sumber TechRadar
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X