Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebocoran Data Terbesar Bikin 8,4 Miliar Password Terekspos

Kompas.com - 10/06/2021, 12:11 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber TechRadar

KOMPAS.com - Sebuah file yang disinyalir memuat bocoran password terbanyak sejauh ini dilaporkan muncul di sebuah forum hacker.

Berkas berjenis dokumen teks TXT itu berukuran fantastis, sebesar 100 GB. Jumlah kata sandi di dalamnya pun luar biasa, mencapai 8,4 miliar.

File tersebut dinamai sebagai "RockYou2021", mengacu pada peretasan RockYou pada 2009 yang berakibat pada bocornya password 32 juta pengguna aplikasi sosial tersebut.

Baca juga: Kronologi Kasus Kebocoran Data WNI, Dijual 0,15 Bitcoin hingga Pemanggilan Direksi BPJS

Karena ukurannya yang sangat besar, RockYou2021 disinyalir merupakan hasil kompilasi dari beragam kebocoran data yang pernah terjadi.

Pengunggahnya mengklaim bahwa file tersebut memuat 82 miliar kata kunci. Namun, setelah membedahnya sendiri, situs CyberNews menemukan bahwa jumlahnya ternyata hanya sepersepuluhnya, tepatnya sebanyak 8.459.060.239 entry unik.

Miliaran password itu panjangnya bervariasi antara 6 hingga 20 karakter. Semua karakter non-ASCII berikut spasi telah dihapus.

Sebelumnya, Compilation of Many Breaches alias COMB diketahui sebagai kompilasi terbesar yang mengumpulkan sebanyak 3,2 miliar alamat e-mail dan password dari kebocoran-kebocoran data.

Baca juga: Data BPJS Kesehatan Bocor, Cek Apakah Anda Terdampak?

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechRadar, Kamis (10/6/2021), seluruh isi COMB juga termuat di dalam RockYou2021.

Pengguna internet dapat memeriksa apakah kata kuncinya terdampak oleh bocoran ini dengan memakai sejumlah layanan online yang tersedia, seperti HaveIBeenPwned

CyberNews juga menyediakan tool untuk mengecek apakah sebuah password pernah dibocorkan, yang bisa diakses di tautan berikut. Sementara, kebocoran alamat e-mail bisa dicek di link ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechRadar


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com