Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Umumkan Sensor Kamera Isocell JN1, Dukung Resolusi 50 MP

Kompas.com - 11/06/2021, 09:06 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Samsung

KOMPAS.com - Samsung mengumumkan sensor kamera generasi terbarunya untuk perangkat smartphone kelas menengah hingga flagship, yakni Isocell JN1. Sensor kamera anyar ini mendukung resolusi hingga 50 MP.

Sensor ini mengusung format 1/2,76 inci dan tiap pikselnya disebut hanya berukuran 0,64 mikron, alias terkecil yang pernah dibuat oleh Samsung.

Meski mungil, sensor kamera tersebut diklaim tetap bertenaga. Isocell JN1 dibekali dengan teknologi Isocell 2.0 terbaru yang diklaim mampu meningkatkan penyerapan cahaya sekitar 16 persen, memungkinkan pengguna menjepret foto low-light dengan ciamik.

Kinerja low-light sendiri mengandalkan teknologi Tetrapixel, di mana tiap empat piksel yang masing-masing berukuran 0,64 mikron digabung menjadi satu piksel besar berukuran 1,28 mikron.

Tiap piksel yang digabungkan tersebut lantas bakal bisa menghasilkan foto kaya detail beresolusi 12,5 MP.

Baca juga: Sony dan Samsung Pimpin Pasaran Sensor Kamera Dunia

Isocell JN1 turut dibekali dengan sejumlah fitur pendukung mencakup Smart ISO yang bisa menyesuaikan penyerapan cahaya berdasarkan lingkungannya, serta Double Super PD untuk sistem auto focus yang lebih gesit.

Sensor gambar ini juga disebut mampu merekam video beresolusi 4K dengan frame rate 60 fps dan Full HD dengan frame rate 240 fps.

Dengan form factor mungil dan berbagai teknologi pendukungnya, Isocell JN1 diklaim bisa digunakan untuk modul kamera smartphone dengan berbagai fungsi, mencakup kamera utama, ultrawide, telefoto, hingga kamera selfie.

Selain itu, sensor kamera ini diklaim tak boros tempat dan mampu mengurangi tinggi modul kamera sebesar 10 persen. Sehingga, sensor kamera ini diklaim cocok untuk smartphone masa kini yang memiliki dimensi yang tipis.

Pihak Samsung tidak menyebutkan kapan Isocell JN1 bakal hadir di sejumlah smartphone secara komersil.

Namun, mereka mengatakan bahwa sensor kamera tersebut kini sedang dalam proses produksi massal, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Samsung.com, Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Sharp Aquos R6 Meluncur dengan Sensor Kamera 1 Inci


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Samsung


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com