Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gamer Overwatch di PC dan Konsol Akan Bisa Main Bareng

Kompas.com - 11/06/2021, 10:17 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Ada kabar gembira untuk penggemar game first-person shooter (FPS) Overwatch. Blizzard Entertainment baru-baru ini mengonfirmasi kehadiran fitur crossplay untuk pengguna PC dan konsol.

Artinya, Overwatch akan dapat dimainkan secara bersama-sama oleh para gamer PC, Xbox, PlayStation, dan Nintendo Switch.

"Dengan senang hati kami mengumumkan bahwa crossplay akan hadir di Overwatch," ujar Game Director Aaron Keller dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube PlayOverwatch.

Baca juga: Daftar Game PS4 dan PS5 Terlaris, dari FIFA 21 hingga Resident Evil Village

Kehadiran fitur ini terbilang menarik karena dapat menyatukan para pemain Overwatch terlepas dari jenis platform yang mereka gunakan.  Kendati demikian, ada batasan untuk crossplay, yaitu tidak tersedia dalam mode Competitive Play.

Ketika pemain memilih untuk bermain secara solo di mode Competitive Play, sistem akan secara otomatis membuat "match making" dengan para pemain lain di platform yang sama, misalnya gamer PC hanya akan bertemu gamer PC saja. Hal serupa berlaku untuk konsol.

Untuk bisa bermain secara crossplay, pemain konsol wajib memiliki dan menghubungkan akun Overwatch mereka dengan akun Battle.net.

Pemain konsol akan diberikan kebebasan untuk bisa mengaktifkan atau menon-aktifkan fitur crossplay. Sebaliknya, fitur crossplay pada Overwatch versi PC akan selalu aktif dan tidak dapat dimatikan.

Baca juga: Game Battle Royale Bomberman Online Dirilis untuk PC dan Konsol

Apabila  memilih untuk menonaktifkan fitur crossplay, pemain konsol hanya akan dapat bermain bersama dengan pemain lain di konsol yang sama.

Blizzard Entertainment masih belum berencana menghadirkan fitur cross-progression, yakni fitur  yang memungkinkan pengguna untuk melanjutkan progress game di platform yang berbeda.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (11/6/2021), crossplay sendiri masih belum tersedia. Blizzard hanya menjanjikan bahwa fitur tersebut bakal hadir di Overwatch dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com