Gamer Overwatch di PC dan Konsol Akan Bisa Main Bareng

Kompas.com - 11/06/2021, 10:17 WIB
Ilustrasi Overwatch. Play OverwatchIlustrasi Overwatch.

KOMPAS.com - Ada kabar gembira untuk penggemar game first-person shooter (FPS) Overwatch. Blizzard Entertainment baru-baru ini mengonfirmasi kehadiran fitur crossplay untuk pengguna PC dan konsol.

Artinya, Overwatch akan dapat dimainkan secara bersama-sama oleh para gamer PC, Xbox, PlayStation, dan Nintendo Switch.

"Dengan senang hati kami mengumumkan bahwa crossplay akan hadir di Overwatch," ujar Game Director Aaron Keller dalam sebuah video yang diunggah di kanal YouTube PlayOverwatch.

Baca juga: Daftar Game PS4 dan PS5 Terlaris, dari FIFA 21 hingga Resident Evil Village

Kehadiran fitur ini terbilang menarik karena dapat menyatukan para pemain Overwatch terlepas dari jenis platform yang mereka gunakan.  Kendati demikian, ada batasan untuk crossplay, yaitu tidak tersedia dalam mode Competitive Play.

Ketika pemain memilih untuk bermain secara solo di mode Competitive Play, sistem akan secara otomatis membuat "match making" dengan para pemain lain di platform yang sama, misalnya gamer PC hanya akan bertemu gamer PC saja. Hal serupa berlaku untuk konsol.

Untuk bisa bermain secara crossplay, pemain konsol wajib memiliki dan menghubungkan akun Overwatch mereka dengan akun Battle.net.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pemain konsol akan diberikan kebebasan untuk bisa mengaktifkan atau menon-aktifkan fitur crossplay. Sebaliknya, fitur crossplay pada Overwatch versi PC akan selalu aktif dan tidak dapat dimatikan.

Baca juga: Game Battle Royale Bomberman Online Dirilis untuk PC dan Konsol

Apabila  memilih untuk menonaktifkan fitur crossplay, pemain konsol hanya akan dapat bermain bersama dengan pemain lain di konsol yang sama.

Blizzard Entertainment masih belum berencana menghadirkan fitur cross-progression, yakni fitur  yang memungkinkan pengguna untuk melanjutkan progress game di platform yang berbeda.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (11/6/2021), crossplay sendiri masih belum tersedia. Blizzard hanya menjanjikan bahwa fitur tersebut bakal hadir di Overwatch dalam waktu dekat.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X