Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membuka Kemasan dan Menjajal Vivo V21 5G

Kompas.com - 11/06/2021, 10:48 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah seri X60, Vivo kembali meluncurkan smartphone terbarunya yang dibekali dengan konektivitas 5G, yakni V21 5G yang hadir di Indonesia pada akhir Mei lalu.

Perangkat ini memiliki desain yang mirip dengan ponsel sebelumnya seri V20, namun terdapat sejumlah perbedaan penting. Terutama dari segi dapur pacu, di mana V21 5G kini dibekali SoC MediaTek Dimensity 800U 5G.

Selain itu Vivo juga menambahkan sejumlah fitur ekstra untuk V21 5G dalam hal kemampuan kamera depan dan layar yang sekarang menjadi lebih canggih.

Aksesori pendukung lengkap

KompasTekno menerima sample unit ritel Vivo V21 5G varian warna Sunset Dazzle. Ponsel ini datang dengan kemasan berwarna biru gelap dengan corak warna yang membentuk huruf "V".

Baca juga: Desain Nyaris Identik, Ini Bedanya Vivo V21 5G dan Vivo V20

Di dalamnya, Vivo menyertakan aksesori pendamping yang lengkap. Pembeli Vivo V21 5G bakal menemukan pengisi daya cepat FlashCharge 2.0 dengan output hingga 33 watt. V21 memang mendukung fast charging dengan daya sebesar itu.

Charger tersebut memiliki port USB A, maka kabel daya yang terdapat di dalam kemasan Vivo V21 5G pun menggunakan tipe USB A ke USB tipe C, untuk sambungan ke ponsel.

Aneka aksesori pelengkap yang disediakan oleh Vivo di dalam kemasan V21 5G
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Aneka aksesori pelengkap yang disediakan oleh Vivo di dalam kemasan V21 5G

V21 5G hanya memiliki port USB tipe C, namun Vivo menyertakan sepasang earphone dengan konektor jack audio 3,5 mm. Supaya aksesori itu bisa digunakan, Vivo turut memberikan sebuah kabel adapter dari audio 3,5mm ke USB tipe C.

Untuk melindungi bodi ponsel, terdapat aksesori soft case berbahan silikon. Casing ini transparan sehingga tidak menyembunyikan warna-warni bodi V21 5G. Kelengkapan standar lainnya termasuk sebuah SIM card ejector tool berikut buku panduan singkat dan garansi.

Desain kembaran V20

Dari sisi luar, V21 5G ibarat "pinang dibelah dua" dengan V20. Varian Sunset Dazzle ini pun corak punggungnya mirip dengan Sunset Melody V20, meskipun dengan tone yang lebih terang.

Warnanya seperti pelangi, paduan gradasi ungu, biru, silver, hingga merah dan kuning yang berubah-ubah tergantung sudut mata saat memandangnya.

Selain Sunset Dazzle, ada pula varian warna Dusk Blue yang menurut riset internal Vivo pada Mei 2021, ponsel tersebut adalah ponsel 5G paling tipis yang ada di Indonesia, dengan ketebalan bodi 7,29 mm dan bobot 176 gram.

Bagian punggung Vivo V21 5G varian warna Sunset DazzleKOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian punggung Vivo V21 5G varian warna Sunset Dazzle

Seperti V20, V21 5G memiliki tiga kamera belakang dengan konfigurasi serupa, mencakup kamera utama 64 MP (f/1.8), kamera multimode ultra wide/depth sensor 8 MP (f/2.2), dan kamera macro 2 MP (f/2.4).

Kamera depannya beresolusi 44 MP (f/2.0) dan termuat di dalam poni waterdrop di bagian atas layar.

Bedanya dari V20, seperti kamera utama di belakang, kamera depan V21 5G sudah dibekali dengan optical image stabilzer untuk meredam goyangan saat menjepret selfie dalam kondisi low-light.

Kamera selfie kini turut dibekali dengan sepasang LED flash di samping kanan dan kiri sebagai penerangan tambahan di kondisi low-light. 
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Kamera selfie kini turut dibekali dengan sepasang LED flash di samping kanan dan kiri sebagai penerangan tambahan di kondisi low-light.

Tak cukup hanya menerapkan OIS, Vivo pun menanam sepasang LED flash yang mengapit kamera depan V21 5G di sisi kanan dan kiri. Gunanya untuk menerangi wajah subyek saat gelap.

Baca juga: 3 Ponsel Vivo yang Bisa Terhubung Jaringan 5G Telkomsel

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com