Lokasi Vaksin Covid-19 di Jakarta Bisa Dicari lewat Google Maps, Begini Caranya

Kompas.com - 11/06/2021, 12:06 WIB
Ilustrasi Google Maps yang menampilkan lokasi vaksinasi Covid-19. KOMPAS.com/Bill ClintenIlustrasi Google Maps yang menampilkan lokasi vaksinasi Covid-19.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta melalui inisiatif Jakarta Smart City, menggandeng Google untuk menampilkan informasi lokasi vaksin Covid-19 di Google Maps.

Hal tersebut disampaikan akun resmi Twitter Jakarta Smart City (@JSCLab) dalam sebuah unggahan belum lama ini.

Untuk mengetahui lokasi vaksin/vaksinasi Covid-19, pengguna cukup mengetikkan kata kunci "lokasi vaksin Covid-19" atau frasa serupa di kolom pencarian GoogleMaps, baik versi desktop maupun mobile.

Pengguna juga bisa menggunakan Google Assistant dan memasukkan perintah suara seperti "di mana lokasi vaksinasi Covid-19 di Jakarta?" dan lain sebagainya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Google Maps Bakal Tampilkan Informasi Cuaca dan Kualitas Udara

Google kemudian akan menampilkan sejumlah lokasi vaksin atau vaksinasi Covid-19 terdekat dengan lokasi pengguna, baik itu puskesmas maupun rumah sakit, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Langkah pencarian lokasi vaksinask Covid-19 di Google Maps.KOMPAS.com/Bill Clinten Langkah pencarian lokasi vaksinask Covid-19 di Google Maps.
Lalu, pengguna bisa memilih puskesmas atau rumah sakit yang ditandai dengan pin berwarna merah di tampilan Maps.

Ketika di-klik, pengguna bisa melihat informasi detail tentang lokasi tersebut, mencakup alamat, nomor telepon, syarat yang dibutuhkan sebelum melakukan proses vaksinasi Covid-19, dan masih banyak lagi.

Di laman tersebut, pengguna juga bisa langsung diarahkan ke lokasi yang dipilih dengan meng-klik tombol "Directions", meminta informasi lanjutan melalui telepon dengan tombol "Call", menyimpan lokasi dengan tombol "Save", dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara untuk Menambahkan Lokasi Baru di Google Maps

Perlu dicatat, informasi lokasi vaksinasi Covid-19 ini hanya berlaku di wilayah DKI Jakarta saja.

Sebab, ketika KompasTekno mencoba di wilayah luar Jakarta, seperti Tangerang, Bogor, hingga Bekasi, Jumat (11/6/2021), Google tak bisa menandai titik mana saja yang bisa disambangi pengguna untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Terlepas dari itu, warga Jakarta bisa melihat syarat-syarat umum untuk mendapatkan vaksin Covid-19, begitu juga tahap target vaksin yang sedang dijalankan saat ini di tautan berikut.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.