Windows 10 Akan Dipensiunkan Oktober 2025

Kompas.com - 13/06/2021, 14:20 WIB
Wallpaper khas Windows 10. MicrosoftWallpaper khas Windows 10.

KOMPAS.com - Versi terkini dari sistem operasi Windows adalah Windows 10 yang sudah dirilis sejak pertengahan 2015.

Menurut data terkini dari NetMarkeShare, Windows 10 merupakan sistem operasi desktop terpopuler dengan pangsa pasar lebih dari 66 persen.

Berdasarkan informasi di laman Modern Lifecycle Policy, Windows 10 Home dan Pro baru akan dipensiunkan pada 2025 mendatang.

Baca juga: Wanita Ini Dihukum 6 Bulan Penjara karena Pakai Windows Bajakan

"Microsoft akan memberikan dukungan untuk Windows 10 Semi-Annual Channel sampai 14 Oktober 2025," bunyi banner yang dilabeli sebagai informasi "penting" di atas laman itu.

Kendati demikian, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Beta News, Minggu (12/6/2021), tidak menutup kemungkinan jadwal ini berubah.

Microsoft bisa saja memperpanjang batas akhir dukungan untuk Windows 10, sebagaimana dilakukan sebelumnya dengan Windows 7.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengumuman Windows 10 yang memuat catatan penyetopan dukungan Windows 10 Semi-Annual Channel pada 14 Oktober 2025.Microsoft Pengumuman Windows 10 yang memuat catatan penyetopan dukungan Windows 10 Semi-Annual Channel pada 14 Oktober 2025.

Tanggal pensiun Windows 10 ini sebenarnya sudah ditetapkan sejak pertama kali dirilis pada 29 Juli 2015 lalu. 

Ketika itu Microsoft menyatakan bahwa extendd support untuk Windows 10 berakhir pada 14 Oktober 2020.

Dengan kata lain, setelah tanggal tersebut, Windows 10 Home dan Pro tidak akan lagi menerima pembaruan untuk keamanan atau peningkatan kualitas.

Baca juga: Tanda-tanda Kehadiran Windows 11

Microsoft belakangan juga dikabarkan sedang bersiap merilis sistem operasi generasi berikutnya untuk PC -sebut saja Windows 11- pada 24 Juni mendatang.

Jika benar, maka OS tersebut akan hadir selagi Windows 10 masih didukung sehingga penggunanya bisa perlahan bertransisi ke sistem operasi baru.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BetaNews
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.