Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Wisata Luar Angkasa Bersama Bos Amazon Jeff Bezos Terjual Rp 398 Miliar

Kompas.com - 14/06/2021, 11:05 WIB
Conney Stephanie,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tiket wisata luar angkasa bersama dengan Jeff Bezos dilaporkan laku terjual seharga 28 juta Dollar AS (sekitar Rp 398 miliar) dalam sebuah lelang yang digelar secara online.

Pihak Blue Origin mengatakan bahwa ada lebih dari 7.000 peserta dari 159 negara yang mengikuti proses lelang tiket wisata luar angkasa ini sejak resmi dibuka pada awal Mei lalu.

Identitas sang pemenang belum diungkap, namun Blue Origin berjanji akan mengumumkannya dalam beberapa pekan ke depan.

Baca juga: Jeff Bezos Mulai Terbangkan Turis ke Luar Angkasa Pertengahan 2021

Si pemenang bakal diterbangkan ke luar angkasa dalam kapsul New Shepard yang sebelumnya sudah 15 kali bolak-balik diuji coba. Selain Jeff Bezos, penumpang lain di dalam kapsul termasuk Mark Bezos, adik laki-laki dari pendiri Amazon tersebut.

Mereka dijadwalkan meluncur bulan depan, 15 hari setelah Jeff Bezos mengundurkan diri dari posisinya sebagai pimpinan Amazon.

"Pada 20 Juli nanti, saya (Bezos) akan melakukan perjalanan itu dengan saudara saya. Petualangan terbesar dengan sahabat saya," kata Bezos dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ArsTechnica, Senin (14/6/2021).

ilustrasi roket Blue Origintechcrunch.com ilustrasi roket Blue Origin

Penerbangan ke luar angkasa akan berlangsung selama 10 menit dari peluncuran hingga kembali mendarat. Dari waktu tersebut 3 menit di antaranya bakal dihabiskan di lingkungan zero-gravity di luar angkasa.

Dengan kata lain, si pemenang lelang membayar lebih dari  Rp 132 miliar untuk tiap menit di ruang angkasa nanti.

Dana dari hasil lelang tersebut rencananya akan disumbangkan ke yayasan milik Blue Origin, Club For The Future, yang fokus dalam pengembangan program pendidikan sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM).

Baca juga: Profil Jeff Bezos, Mantan Pelayan McDonalds yang Sukses Mendirikan Amazon

Jika berhasil, maka perjalanan dengan pesawat roket New Shepard ini akan menjadi penerbangan luar angkasa komersil pertama yang membawa warga sipil melewati garis Kármán, yakni batas ruang angkasa di ketinggian lebih dari 100 km di atas Bumi.

Blue Origin sendiri adalah perusahaan roket yang didirikan oleh Bezos pada tahun 2000 lalu. Perusahaan tersebut telah menerbangkan kapsul New Shepard sejak 2015.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com