Kompas.com - 14/06/2021, 15:10 WIB

KOMPAS.com - Indosat Ooredoo resmi menjadi operator seluler kedua di Indonesia yang mengantongi izin menggelar jaringan 5G secara komersial.

Perusahaan bernuansa merah-kuning itu telah mendapat restu dari Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) setelah lolos Uji Laik Operasional (ULO).

Setelah dinyatakan lolos, Indosat Ooredo mengantongi Surat Keterangan Laik Operasional dari Kominfo untuk penyelenggaraan 5G secara komersial.

"Dengan diterbitkannya SKLO ini, menandakan bahwa seluruh sarana dan prasarana untuk penggelaran jaringan 5G yang telah selesai dibangun Indosat Ooredoo, secara teknis siap dioperasikan," kata Menteri Kominfo, Johnny G Plate, dalam konferensi pers hasil ULO Indosat Ooredoo yang disiarkan secara virtual, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Indosat Kantongi Izin Gelar 5G di Indonesia

Untuk tahap awal, layanan 5G Indosat Ooredoo akan digelar di beberapa lokasi. Menurut President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama, jaringan 5G Indosat Ooredoo akan digelar di Jakarta, Solo, Surabaya, dan Makassar.

"Beberapa lokasi lain akan menyusul sesuai kesiapan ekosistem," ungkap Al-Neama.

President Director & CEO Indosat Ooredoo , Ahmad Al-Neama saat memberikan pernyataan dalam konferensi pers hasil Uji Laik Operasional 5G Indosat Ooredoo di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (14/6/2021).YouTube/Kemkominfo TV President Director & CEO Indosat Ooredoo , Ahmad Al-Neama saat memberikan pernyataan dalam konferensi pers hasil Uji Laik Operasional 5G Indosat Ooredoo di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (14/6/2021).

Namun, Al-Neama tidak merinci lebih lanjut titik lokasi sebaran layanan 5G Indosat Ooredoo di kota tersebut.

Kemungkinan, informasi tersebut akan diumumkan saat peluncuran gelaran 5G Indosat Ooredoo yang kabarnya akan berlangsung dalam waktu dekat.

Dihubungi secara terpisah, SVP Corporate Communication Indosat Ooredoo Steve Saerang, mengatakan peluncuran jaringan 5G komersial Indosat Ooredoo secara resmi akan dilakukan bulan ini.

"Untuk tanggal peluncuran atau resmi digelar akan dilakukan pada bulan Juni ini secara bertahap sesuai komitmen awal," kata Steve melalui pesan singkat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.