Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2021, 15:10 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indosat Ooredoo resmi menjadi operator seluler kedua di Indonesia yang mengantongi izin menggelar jaringan 5G secara komersial.

Perusahaan bernuansa merah-kuning itu telah mendapat restu dari Dirjen SDPPI Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) setelah lolos Uji Laik Operasional (ULO).

Setelah dinyatakan lolos, Indosat Ooredo mengantongi Surat Keterangan Laik Operasional dari Kominfo untuk penyelenggaraan 5G secara komersial.

"Dengan diterbitkannya SKLO ini, menandakan bahwa seluruh sarana dan prasarana untuk penggelaran jaringan 5G yang telah selesai dibangun Indosat Ooredoo, secara teknis siap dioperasikan," kata Menteri Kominfo, Johnny G Plate, dalam konferensi pers hasil ULO Indosat Ooredoo yang disiarkan secara virtual, Senin (14/6/2021).

Baca juga: Indosat Kantongi Izin Gelar 5G di Indonesia

Untuk tahap awal, layanan 5G Indosat Ooredoo akan digelar di beberapa lokasi. Menurut President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama, jaringan 5G Indosat Ooredoo akan digelar di Jakarta, Solo, Surabaya, dan Makassar.

"Beberapa lokasi lain akan menyusul sesuai kesiapan ekosistem," ungkap Al-Neama.

President Director & CEO Indosat Ooredoo , Ahmad Al-Neama saat memberikan pernyataan dalam konferensi pers hasil Uji Laik Operasional 5G Indosat Ooredoo di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (14/6/2021).YouTube/Kemkominfo TV President Director & CEO Indosat Ooredoo , Ahmad Al-Neama saat memberikan pernyataan dalam konferensi pers hasil Uji Laik Operasional 5G Indosat Ooredoo di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin (14/6/2021).

Namun, Al-Neama tidak merinci lebih lanjut titik lokasi sebaran layanan 5G Indosat Ooredoo di kota tersebut.

Kemungkinan, informasi tersebut akan diumumkan saat peluncuran gelaran 5G Indosat Ooredoo yang kabarnya akan berlangsung dalam waktu dekat.

Dihubungi secara terpisah, SVP Corporate Communication Indosat Ooredoo Steve Saerang, mengatakan peluncuran jaringan 5G komersial Indosat Ooredoo secara resmi akan dilakukan bulan ini.

"Untuk tanggal peluncuran atau resmi digelar akan dilakukan pada bulan Juni ini secara bertahap sesuai komitmen awal," kata Steve melalui pesan singkat.

Al-Neama berharap layanan 5G Indosat Ooredoo bisa mendukung aktivasi 5G di seluruh Indonesia.

Baca juga: Luncurkan 5G, Tidak Sekadar Punya 2300 MHz

"Capaian hari ini barulah permulaan, kami siap mendukung revolusi 5G di seluruh negeri untuk menuju aktivasi 5G di masa depan," imbuh Al-Neama.

Untuk menggelar jaringan 5G, Indosat Ooredoo memanfaatkan pita frekuensi 1800 MHz atau 1,8 GHz dengan lebar pita 20 MHz. Pita frekuensi tersebut agak berbeda dengan yang digunakan Telkomsel.

Operator seluler pelat merah itu menggunakan pita frekuensi 2.300 MHz atau 2,3 GHz untuk data plane dan 1.800 MHz control plane. Sebelumnya, Telkomsel telah lebih dulu mengantongi SKLO dari Kominfo dan resmi menggelar 5G komersial di Indonesia pada 27 Mei 2021 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com